Apel Hari Koperasi, Kang Akur Ajak Seluruh Pihak Majukan Perekonomian Kabupaten Subang

Berita Pilihan

Lingkarselatan.com, SUBANG – Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi, S.Si., MM melaksanakan Apel Hari koperasi Nasional yang ke-75 tingkat Kabupaten Subang yang bertempat di kantor DKUPP Kab. Subang. Selasa, 12 Juli 2022.

Dalam peringatan ini, DKUPP Kab. Subang mengangkat “Dengan berkoperasi mari kita tingkatkan semangat kewirausahaan dalam mewujudkan program Jawara Niaga Subang Jawara”

Sekretaris Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian drs. Suwitro dalam laporannya menjelaskan peringatan Hari Koperasi memperkuat peran DKUPP Kab. Subang dalam menopang pembangunan ekonomi di kab. Subang, dalam hal ini revitalisasi peran koperasi.

Selanjutnya, Suwito menyampaikan dalam apel tersebut diserahkan 6 bantuan hibah uang bidang usaha mikro kecil dan menengah, 22 kelompok masyarakat masyarakat dan lembaga koperasi penerima hibah uang dari Pemerintah Daerah Kab. Subang, dan diberikan 25 santunan anak yatim.

Sebelum pembacaan Pidato Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, dilangsungkan penyerahan secara simbolis oleh wakil Bupati Subang kepada penerima bantuan didampingi oleh Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Sekretaris Dinas DKUPP dan pengurus Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (BMI).

Kemudian dilanjutkan pembacaan Pidato Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, oleh Wakil Bupati Subang.

Dalam paparannya, Kang Akur sapaan akrab Wakil Bupati Subang menuturkan Hari Koperasi Ke-75 Tahun 2022 yang mengusung tema “Transformasi Koperasi untuk Ekonomi Berkelanjutan” dengan tagline “Ayo Berkoperasi”.

Dalam paparannya Kang Akur menyampaikan Perekonomian Nasional secara bertahap mengalami pertumbuhan positif, yang pada tahun 2021 mencapai 3,69%, atau lebih baik dibandingkan tahun 2020 yang mengalami kontraksi di angka 2,07%. kemudian berlanjut pada kuartal I tahun 2022 yakni sebesar 5,01% (Y-ON-Y), dimana capaian ini bahkan lebih tinggi dari negara anggota G20 lainnya, termasuk Jerman dan Tiongkok.

Tidak hanya itu, Kang Akur pun mendukung penuh agenda penguatan ekonomi, khususnya oleh koperasi dan UKM. koperasi sebagai agregator dan akselerator usaha UMKM anggota terus di modernisasi, yang diakselerasi melalui program akselerator koperasi modern untuk memilih 150 Koperasi di berbagai Sektor dengan dukungan berupa fasilitasi tenaga pendamping, akses pembiayaan dari LPDB-KUMKM dan BANK Himbara, kemitraan, offtaker/supplier, serta teknologi dan Inovasi yang relevan.

Kang Akur juga mengingatkan dukungan regulasi menjadi satu langkah penting agar koperasi terus diminati serta menciptakan ekosistem bisnis yang dinamis, adaptif, dan akomodatif bagi kepentingan anggota dan masyarakat. sehingga koperasi dapat lebih lincah dan dinamis dalam menangkap berbagai peluang usaha, serta mendapat kepercayaan publik.

Menutup amanatnya, Kang Akur berharap upaya pembinaan, pengembangan dan penguatan koperasi berjalan dengan baik agar dapat memberikan kontribusi bagi kesejahteraan anggota koperasi dan masyarakat luas, juga memajukan kondisi ekonomi Kabupaten Subang.

Turut hadir dalam agenda tersebut para kepala bidang lingkup DKUPP kab. Subang, Para Pejabat Fungsional dan Pejabat Esselon IV dan seluruh pegawai Dinas DKUPP, Pengurus Koperasi Syariah BMI, Pimpinan BANK BRI Cab. Subang, Pimpinan BANK BJB Cabang Subang, para pengurus koperasi dan seluruh tamu undangan lainnya.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Sukseskan Pilkada 2024, Sah! Sebanyak 150 Anggota PPK Dilantik KPU Subang, Abdul Muhyi : Jangan miring-miring lagi

Lingkarselatan.com, SUBANG-Sebanyak 150 orang Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas di 30 Kecamatan se-Kabupaten Subang di lantik KPU...

More Articles Like This