Buka Musrenbang, Bupati Subang : Inovasi Subang Meningkat Pesat

Berita Pilihan

Lingkarselatan.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat dan Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menghadiri sekaligus membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Subang, bertempat di Aula Sawala Ageung, Fave Hotel. Kamis, 24 Maret 2022.

Kaban BP4D Hari Rubiyanto S.STP., M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para sponsor yang membantu pergelaran kegiatan ini. Hari juga menyampaikan bahwa kegiatan Musrenbang selaras dengan rencana pembangunan dan dilaksanakan dari tingkat desa hingga ke kecamatan.

Hari juga menyampaikan bahwa di tahun 2021, Kabupaten Subang hanya memiliki inovasi kurang dari 30. Namun, pada tahun 2022, inovasi di Kabupaten Subang meningkat hingga 105 inovasi. Untuk itu, BP4D akan memberikan award bagi inovasi terbaik.

Hari juga mengajak perusahaan di Kabupaten Subang mampu melaksanakan CSR. Untuk memotivasi program tersebut, BP4D melaksanan CSR Award, untuk meningkatkan CSR dari setiap perusahaan dan Menciptakan Aplikasi Kembang Award untuk pelaporan CSR. “Pembangunan di Kabupaten Subang tidak dapat dilaksanakan sendiri, perlu adanya kolaborasi”

Hari juga menyampaikan rasa bangganya kepada Kang Jimat, dimana ditengah keterbatasan, Subang mengangkat PPPK Guru terbanyak. Hari menjelaskan, Bupati sangat menginginkan kesejahteraan bagi para Guru.

Pada kesempatan tersebut, dilaksanakan penandatanganan perjanjian pelaksanaan Inovasi oleh para kepala OPD serta Kang Jimat dan Kang Akur. Dilaksanakan pula penandatanganan Berita Acara pokok pikiran RKPD Kabupaten Subang oleh Kang Jimat, Kang Akur Sekda Subang, Kaban BP4D, Kadisdik, Kaban BKAD dan Perwakilan Forum Anak.

Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan bahwa akselerasi percepatan dengan cermat dan tepat serta kerja keras seluruh elemen birokrasi Kabupaten Subang harus dilakukan. Dirinya juga mengajak untuk meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dengan seluruh stakeholders.

Kang Jimat juga menyampaikan bahwa dalam konteks percepatan pembangunan, dirinya telah menetapkan keputusan bupati tentang pembentukan tim percepatan pembangunan daerah (TP2D) Kabupaten Subang. Tim tersebut nantinya akan memberikan pertimbangan, saran dan masukan terkait strategi dan kebijakan dalam rangka percepatan pembangunan di Kabupaten Subang. “Mudah mudahan, meskipun hanya 2 tahun, mudah mudahan bisa sangat efektif dalam percepatan pembangunan”.

Dengan dibentuknya tim tersebut, Kang Jimat berharap Seluruh perangkat daerah, kecamatan dan desa dapat bersinergi dan berkolaborasi dalam mencapai satu tujuan yaitu percepatan mewujudkan Subang Jawara.

Apresiasi juga Kang Jimat sampaikan kepada Kepala LAN RI yang selama 2 tahun telah membimbing seluruh perangkat daerah di Kabupaten Subang sehinga dalam 2 tahun, terlahirlah 105 inovasi pemerintah daerah. “Tentunya dengan inovasi ini dapat mewujudkan pelayanan prima pemerintah daerah kepada masyarakat” ucapnya.

Kang Jimat juga menginginkan seluruh OPD mampu menciptakan berbagai inovasi lainnya dalam rangka meningkatkan kinerja pemerintah daerah dalam melayani masyarakat.

Menutup sambutannya, Kang Jimat mengundang Ananda Sadewa Adhitama, seorang perwakilan forum anak yang mewakili anak-anak di Kabupaten Subang untuk menyampaikan harapan-harapannya kepada kabupaten subang di masa depan.

Aris Budiman, S.Si., M.Plan perwakilan dari Bapeda Jawa Barat membacakan sambutan dari Gubernur Jawa Barat menyampaikan Musrenbang dilaksanakan untuk mensinkronkan perencanaan pembangunan daerah dengan provinsi dan Nasional. Gubernur berharap, dengan adanya Musrenbang, akan berjalannya kesepakatan bersama atas pembangunan daerah.

Acara dilanjutkan dengan Talkshow yang dipandu oleh Ketua TP2D Gugyh Susandi, S.E., M.Si, CBM bersama narasumber Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, MS.

Pada kegiatan tersebut diserahkan anugrah Angracana Raharja kepada perangkat daerah yang memiliki kinerja perencanaan terbaik. 3 terbaik perangkat daerah yang meraih penghargaan diantaranya :
1. BKPSDM
2. BP4D
3. Dinas Kesehatan

Diserahkan pula Subang CSR Award kepada perusahaan di Kabupaten Subang yang memberikan kontribusi terhadap terlaksananya 9 Program Jawara. Mendapat predikat sebagai Best CSR Award yaitu Bank BJB Cabang Subang.

Kaban BP4D pada kesempatan tersebut juga melaunching sebuah program yang diberi nama Elektronik Aspirasi Rakyat (EAR), dimana masyarakat dapat memberikan aspirasi dalam perencanaan pembangunan daerah berbasis Whatsapp.

Menutup acara, Kang Jimat dengan semangat mengucapkan Salam Subang dan diikuti oleh seluruh peserta Musrenbang yang hadir.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekda Subang, Para Staf Ahli, Para Asda, Para kepala OPD, Ketua TP2D beserta Jajaran, para Stakeholder dan tamu undangan lainnya baik yang hadir secara langsung maupun secara virtual.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Sukseskan Pilkada 2024, Sah! Sebanyak 150 Anggota PPK Dilantik KPU Subang, Abdul Muhyi : Jangan miring-miring lagi

Lingkarselatan.com, SUBANG-Sebanyak 150 orang Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas di 30 Kecamatan se-Kabupaten Subang di lantik KPU...

More Articles Like This