Buka Rakor BAZNAS, Kang Jimat Ajak Seluruh Pihak Untuk Berzakat

Berita Pilihan

Lingkarselatan.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat membuka rapat koordinasi Baznas Kabupaten Subang, di Aula MUI Subang. Selasa 29 Maret 2022.

Rapat dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Quran, menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Lagu Mars Baznas dan Laporan Ketua Panitia Rakorda.

Membuka kegiatan, Ketua Baznas Subang Dr. KH. Musyfiq A, Lc., M.Si menyampaikan zakat adalah kewajiban orang beriman, KH. Musyfiq mengungkapkan pihaknya adalah amil zakat yang mengelola secara profesional.
“Kami siap mengelola dan kami minta Pak Bupati menyiapkan perbup, alhamdulillah dengan adanya Perbup ini kami bergerak, dan mendirikan UPZ di seluruh Subang.” Tutur KH. Musyfiq.

KH Musyfiq melaporkan program-program yang telah dilaksanakan oleh Baznas Subang, yang sejalan dengan 9 Program Jawara Pemkab Subang, di antaranya CLBK (Cinta Lansia Baznas Kabupaten Subang) yaitu pemberian bantuan kepada Lansia di setiap desa, dan program bantuan Rutilahu, Santunan untuk Tukang Becak, Beasiswa, modal usaha Z Chicken, Mobil sehat, Dakwah dan Advokasi, serta Kampung Binaan Baznas.
“Zakat mal di tahun 2021 lalu mencapai 2,248 Milyar Rupiah, itu di luar Zakat Fitrah, Zakat Fitrah sendiri mencapai 34,5 Milyar Rupiah” Tutur Kh. Musyfiq.

Wakil ketua III Baznas Jawa Barat Ahmad Ridwan, SE, MI mengapresiasi Kang Jimat sebagai pemimpin daerah yang sangat berdedikasi untuk Baznas, terlebih, Kang Jimat menyerahkan seluruhnya Gajinya sebagai Bupati untuk dikelola dan disalurkan oleh Baznas Subang.
“Kang Jimat adalah peraih penghargaan Baznas Award 2022 sebagai Kepala Daerah Peduli Zakat Terbaik di Jawa Barat, pada intinya Baznas hadir untuk membantu Pemda mengentaskan kemiskinan” Tutur Ahmad.

Dirinya mengajak para pengurus UPZ untuk Proaktif dalam meningkatkan pengelolaan zakat yang aktif dan efisien dalam memenuhi target, dirinya meyakini Kabupaten Subang memiliki potensi yang luar biasa.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Simbolis Z Chicken untuk 30 Kecamatan yang diwakili oleh 4 penerima bantuan yang berasal dari Kecamatan Subang, Ciasem, Binong dan Cibogo. Bantuan yang diserahkan berupa Gerobak, Peralatan Masak Lengkap, dan Bahan Baku.

Kang Jimat mengungkapkan apresiasi atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah kepada Baznas Subang, Provinsi Jawa Barat, dan Pusat, yang telah melaksanakan pengelolaan zakat serta berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat khususnya Subang.
“Inovasi yang disusun dalam rangka optimalisasi pengelolaan zakat di Subang telah mengantarkan Baznas Subang meraih penghargaan. Tentu hal ini merupakan kerja keras semua pihak terutama unit pengelola zakat (UPZ) yang ada, khususnya perangkat daerah.” Ujar Kang Jimat.

Selanjutnya, Kang Jimat mengungkapkan kebijakan yang dirinya keluarkan melalui Peraturan Bupati tentang Pengelolaan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) ditujukan untuk memberikan pelayanan terbaik dan menjadi salah satu upaya meningkatkan kualitas pengelolaan ZIS di Kabupaten Subang.

Kang Jimatpun menekankan untuk ASN, BUMD dan pegawai di Kabupaten Subang untuk menyalurkan ZISnya, dirinya menyatakan Zakat adalah bekal untuk manusia di Yaumil Akhir nanti.
“Berikan dan lakukan inovasi, bisa jadi memaksa untuk menyalurkan Zakat, tidak apa-apa, kita memaksa untuk mendapatkan pahala kok. Mohon untuk teman-teman UPZ di Lembaga, baik OPD Subang maupun lembaga vertikal baik POLRI, TNI, saya menjamin betul uang Zakat tidak akan disalahgunakan, jangan ada keraguan” Tegas Kang Jimat.

Mengakhiri sambutan, Kang Jimat pun membuka rapat koordinasi Baznas tahun 2022.
“Semoga memberikan semangat dan energi baru untuk melayani umat dan membangun subang yang kita cintai ini.” Tutup Kang Jimat

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kemenag Subang, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, dan peserta rapat lainnya.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Komisi III DPRD Subang Soroti Developer , Ini Dia Alasannya

Lingkarselatan.com, SUBANG-Komisi III DPRD Kabupaten Subang menyoroti persoalan masih banyaknya pengembang perumahan atau developer di Subang yang belum melakukan...

More Articles Like This