Diacara Giat “GESIT”, Plt Camat Subang Tegaskan Pengelolaan Sampah Tanggung Jawab Bersama

Berita Pilihan

Lingkarseletan.com, SUBANG-Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni hadir dalam kegiatan Gebyar Kebersihan GESIT Gerakan Bebersih Jeung Kang Jimat , bertempat di Lapang Bintang Subang, Jumat (10/06/2022).

Kegiatan yang di inisiasi oleh Kecamatan Subang ini diikuti seluruh Kelurahan se-Kecamatan Subang, Dinas Lingkungan Hidup Subang,  Satpol PP, dan unsur masyarakat, dengan total peserta kurang lebih 300 orang.

Plt Camat Subang, Sumardi S.STP., MAP dalam laporannya menyampaikan terima kasih kepada semua hadirin atas partisipasinya dalam kegiatan Gesit ini. Sumardi menambahkan kegiatan tersebut sudah berjalan dan diharapkan  dapat terus dilakukan.

“Kegiatan kebersihan ini dilakukan setiap hari Jumat. Tidak hanya di Lapang Bintang saja, tapi minggu lalu target adalah pembersihan jalan.”

Sumardi menyampaikan urusan kebersihan bukan hanya urusan Dinas Lingkungan Hidup ataupun lembaga terkait. Perkara kebersihan lingkungan adalah tanggung jawab seluruh masyarakat.

“Masalah kebersihan ini tidak harus memandang Tupoksi, karena Subang milik kita bersama, maka kebersihan harus dijaga oleh siapapun. Dari lubuk hati terdalam, saya mengajak semua elemen untuk membersihkan lingkungan dengan ikhlas. Kalau kita hanya mengandalkan Dinas Lingkungan Hidup, tentu akan kewalahan sehingga sangat dibutuhkan peran masyarakat dalam menjaga lingkungan,” ujarnya

Menutup laporannya, Plt Camat Subang mengutip perkataan Kang Jimat yaitu tidak ada rotan akar pun jadi.

“Seperti kata Pak Bupati, tak ada rotan akar pun jadi. Kumaha carana hayu sasareungan ngajaga lingkungan.”

Acara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis alat kebersihan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Subang kepada perwakilan Lurah.

Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa bahagia dan syukur karena akhirnya dapat bersilaturahmi langsung dengan masyarakat.

Kang Asep merasa bangga karena inisiatif kebersihan ini datang dari masyarakat yang dapat menjadi percontohan bagi wilayah yang lain.

“Ini harus menjadi embrio kegiatan serupa bagi wilayah yang lain.” Katnya

Kang Asep menekankan pentingnya peran masyarakat dalam menjaga lingkungan.

“Alhamdulillah pemindahan TPS sudah hampir tuntas berkat dukungan seluruh masyarakat Subang. Tanpa dukungan masyarakat Subang semua ini tidak akan terwujud. Apapun yang dikelola dengan baik dibarengi dengan semangat dan gotong royong, akan tercapai solusi atas permasalahan apapun, termasuk sampah.” Ungkap Dia

Mengakhiri sambutannya, Kang Asep menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh hadirin. Menurut Kang Asep, masyarakat yang peduli lingkungan adalah sosok inspiratif bagi lingkungan masing-masing

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Subang menyatakan terima kasih kepada masyarakat atas inisiatif yang baik ini, dan kami berikan apresiasi setinggi-tingginya. Semua hadirin hari ini adalah figur atau sosok inspiratif di lingkungan masing-masing.” Pungkas Kang Asep.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang, Kabag Prokompim, Muspika Kecamatan Subang, dan Peserta Kerja Bakti.(*)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Sebuah Villa di Jalancagak Subang Ludes Terbakar ,Ayah dan Anak Alami Luka Bakar

Lingkarselatan.com, SUBANG- Bangunan villa di Subang, hangus terbakar, Jumat (19/4/2024) malam. Peristiwa terjadi di Dusun Tambakan, Desa Tambakan Kecamatan Jalancagak Komandan...

More Articles Like This