Genjot Pembanguan Pasar Tanpa APBD Kabupaten, Kang Jimat : Ini untuk meningkatkan fungsi sarana perdagangan rakyat

Berita Pilihan

Lingkarseletan.com, SUBANG– Bupati Subang H.Ruhimat meninjau pembanguan revitalisasi Pasar Ciasem, Kamis (7/4/2022)

Sebelumnya pembangunan revitalisasi Pasar Ciasem yang sebelumnya telah dilaksanakan ground breaking pada Januari lalu oleh Kang Jimat sapaan akrab Bupati H.Ruhimat.

Kang Jimat bersama rombongan berkeliling meninjau pasar tersebut selama sekitar 20 menit dan sempat menyapa para pedagang dan warga sekitar didampingi Kepala.Dinas DKUPP Subang, Yayat Sudrajat dan jajarannya.

Kang Jimat mengatakan, pembangunan atau rehabilitasi pasar dilakukan dengan meningkatkan fungsi pasar sebagai sarana perdagangan rakyat sehingga menjadi bangunan yang aman, nyaman, bersih, tertata, dan lebih estetis.

“Diharapkan, infrastruktur pasar yang berkualitas dapat dirasakan langsung manfaatnya, terutama menjamin distribusi bahan pokok dan turut menggerakkan sektor rill atau UMKM yang merata hingga pelosok desa di seluruh Indonesia,” kata Kang Jimat disela sela tinjuannya di lokasi.

Kang Jimat mengungkapkan optimismenya bahwa Pasar Ciasem dapat segera beroperasi 7 bulan mendatang. Dia juga berharap semoga dengan dibukanya Pasar Ciasem ini dapat memberikan efek bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Selain itu, Kang Jimat juga meminta pihak supplier agar bahan baku yang digunakan pembangunan Pasar tesebut menggunakan bahan berkulitas bagus, dengan harapan agar banguan Pasar Ciasem itu dapat dimanfaatkan untuk jangka waktu yang lama.

Ditambahkan, Kepala Dinas DKUPP Subang, H. Yayat Sudrajat, Pasar Ciasem yang kini akan dibangun merupakan salah satu percontohan. Karena, lanjut Yayat pembangunannya melalui kerjasama antara Pemerintah Daerah dengan BP3 pasar Ciasem.

“Pasar ini akan dibangun diatas tanah seluas 3500 M2, dengan 2 lantai, 154 toko dan 26 ruko, dengan estimasi pengerjaan selama 3 bulan dengan biaya sebesar Rp 27 Milyar,” sebut Yayat

Menurutnya, tidak mudah melakukan percepatan revitalisasi pasar tradisional di tengah gempuran Pandemi Covid-19 yang terjadi beberapa tahun terakhir ini. Sebab, semua anggaran direfokusing untuk penanganan covid-19 atau corona.

Namun hal tersebut bukanlah halangan. Bupati Subang, H.Ruhimat terus memutar otak untuk bagaimana pembangunan belasan pasar tradisional di Subang terus berjalan.

Alhasil, berkat kerja kerasnya bersama jajaran DKUPP, saat ini Pemkab Subang bisa menuntaskan revitalisasi sedikitnya 8 pasar tradisional tanpa sedikitpun menggunakan APBD Kabupaten Subang.

“Percepatan Revitalisasi Pasar itupun tak terlepas peran yang sangat besar Pak Bupati Subang yang melobi lobi ke Pusat yaitu Kementrian Perdagangan untuk pembangunan belasan pasar di Subang,” ungkap Yayat.

“Artinya, program revitalisai pasar pasar ini, bagian dari komitmen Pak Bupati dalam mewujudkan Jawara Niaga, dimana masyarakat dan pedagang bisa lebih nyaman , tertata, dan bersih ketika berada di pasar. Terlebih, mampu mendongkrak perekonomian masyarakat

“Percepatan Revitalisasi Pasar itupun tak terlepas peran yang sangat besar Pak Bupati Subang yang melobi-lobi ke Pusat yaitu Kementrian Perdagangan untuk pembangunan belasan pasar di Subang,”timpalnya. (Red)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Sukseskan Pilkada 2024, Sah! Sebanyak 150 Anggota PPK Dilantik KPU Subang, Abdul Muhyi : Jangan miring-miring lagi

Lingkarselatan.com, SUBANG-Sebanyak 150 orang Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas di 30 Kecamatan se-Kabupaten Subang di lantik KPU...

More Articles Like This