Hadir di Acara Ruwatan Bumi,  Anggota DPR-RI H.Sutrisno Apresiasi Semangat Gotong Royong Warga Desa Curugrendeng

Berita Pilihan

Lingkarseletan.com, SUBANG– Anggota Komisi IV DPR RI Sutrisno di acara Hari Krida Pertanian atau Ruwatan Bumi, dan sekaligus diperkenalkan keunggulan berbagai jenis hasil bumi dan produk unggulan di desa Curugrendeng, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat,Rabu  (31/8/2022)

Menutunya, program ketahanan pangan dicanangkan Pemerintah untuk menjamin ketersediaan pangan yang adil dan merata untuk masyarakat. Terlebih pada kondisi cuaca yang tidak menentu hari hari ini akibat perubahan iklim.

“Di sini saya melihat secara langsung, jenis jenis dari hasil pertanian yang di tepi jalan dari umbi-umbian, buah-buahan, sayur-sayuran, ini sangat luar bisa. Ini kan berbagai jenis hasil bumi di desa Curug Rendeng. Artinya, desa Curugrendeng ini desa yang mempunyai kemampuan untuk mewujudkan ketahanan pangan dengan memanfaatkan sumberdaya setempat secara berkelanjutan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut mantan Bupati Majalengka dua periode ini, sangat mengapresiasi kegiatan Hari Krida masyarakat Desa Curug Rendeng yang sudah menjadi tradisi tahunan.

“Ya, Alhamdulillah di Desa ini ( Curug Rendeng)  ini masih ada kegiatan positif ini, warga bergotong royong, syukuran di hari krida pertanian atau acara ruwatan bumi juga tanda rasa syukur kepada Allah SWT di acara ini”, ujaranya

Politisi dari PDI Perjuangan ini juga menilai kegiatan positif yang ditandai semangat gotong royong warga masih terpelihara dengan baik. Selain tradisi dilakukan secara gotong royong, syukuran, berbagi dan berdoa kepada Allah SWT atas segala nikmat termasuk hasil bumi dan berdagang.

“Ya, saya sangat apresiasi pelestarian tradisi masyarakat secara turun menurun, terlebih semangat gotong royong warganya,” ujarnya

Warga mengungkapan terima kasih atas bantuan “Gotong-Royong” baik atas nama Pemerintah Desa Curug Rendeng dan secara pribadi atas bantuan kepada panitia kegiatan Hari Krida Pertanian.

Seperti yang diungkapkan oleh Kades Curug Rendeng, Wawan..”Atas nama masyarakat di Desa Curug Rendeng,  Saya ucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan, masyarakat merasa terbantu dengan adanya bantuan tersebut.Alhamdulillah, bantuan Gotong Royong” dari Beliau ini diserhakan kepada panitia kegiatan,” terang Wawan

Diketahui, acara Ruatan Bumi atau hari Krida Pertanian diwarnai adat Budaya Sunda yang sudah melekat kental, khusunya bagi masyarakat desa Curugrendeng.

Dalam kegiatannya, sejumlah rangkaian acara pun digelarnya, seperti pentas seni Tradisional,  pawai alagoris hingga pentas seni Wayang Golek dan lainnya.

Kegiatan tersebut sudah menjadi agenda tahunan, terlaksana berkat dukungan serta semangat gotong royong warga masyarakat sehingga kegiatan tersebut bisa terlaksana dengan baik sebagai tasyakur bini’mah untuk mempererat tali silaturahmi antar warga masyarakat, khusunya di lingkungan desa tersebut.

Dengan gotong royong warga pun menggantungkan jenis-jenis hasil bumi di depan pekarangan Rumah atau di pinggir jalan. Ragam jenis dari hasil pertanian yang digantungkan di depan jalan dari umbi -umbian buah-buahan, sayur-sayuran bahkan adapula yang menggantungkan beberapa jenis barang seperti perabotan rumah tangga hingga berbagai jenis makan ringan.

Berbagai macam jenis hasil pertanian tersebut kemudian digantung dengan seutas tali ke atas ruas bambu. (Red).

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Hujan Deras, Batu Besar Longsor Tutup Jalur Sangalaherang-Curug Agung, Kalak BPBD : Butuh alat berat untuk memecah batu

Lingkarselatan,com ,SUBANG- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang menyampaikan jalur Sagalaherang -Curug Agung sebagai jalan alternatif yang menghubungkan...

More Articles Like This