Hadiri Acara Adat Mapag Sri, Kang Akur Didaulat Melepeas Pawai Jolen

Berita Pilihan

Lingarseletan.com, SUBANG-Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, menghadiri acara Mapag Sri di Desa Kihiyang, Kecamatan Binong, Kabupaten Subang, Senin (16/05/2022)

Acara Mapag Sri merupakan salah satu adat/budaya masyarakat Indonesia khususnya Jawa dan Sunda yang dilaksanakan untuk menyambut datangnya panen raya sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT.

Dalam acara tersebut dilaksanakan pula pawai jolen dari tiap Rukun Tetangga (RT) desa kihiyang yang memperlihatkan hasil bumi.

Kang Akur sapaan akrab Wakil Bupati Subang melepas rombongan Jolen untuk keliling desa. Ia juga mengapresiasi kegiatan Mapag Sri yang dilaksankan oleh pemerintahan desa setempat.

“Terlihat jelas antusiasme yang diikuti penuh oleh warga masyarakat desa kihiyang, dari kegiatan tersebut” ujarnya

Adat mapag Sri juga rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan inovasi yang berbeda, namun tidak meninggalkan kekhasan ritual mapag Sri sebagaimana yang telah dilaksanakan sebelumnya.

“Kegiatan ini selain menjadi ajang silaturahami antar warga, juga bagian dari ungkapan dan rasa syukur warga Kepada Allah SWT, dengan tibanya waktu panen raya,” ungkap Kang Akur

Zaenudin anwar, Kepala Desa Kihiyang menyampaikan bahwa mapag Sri ini diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur kita kepada sang pencipta. “semoga mapag Sri ini tetap dapat dilaksanakan setiap tahunnya”

Zaenudin anwar juga menuturkan bahwa kekuatan gotong royong dari masyarakat desa kihiyang menguatkan bahwa mapag bumi tahun tahun selanjutnya harus lebih baik dan lebih khidmat.

Turut hadir Anggota Dewan PKS, Muspika Kecamatan Binong, Camat Compreng, tokoh agama, tokoh budaya, karang taruna dan tamu undangan lainnya. (Red/*)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Sukseskan Pilkada 2024, Sah! Sebanyak 150 Anggota PPK Dilantik KPU Subang, Abdul Muhyi : Jangan miring-miring lagi

Lingkarselatan.com, SUBANG-Sebanyak 150 orang Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas di 30 Kecamatan se-Kabupaten Subang di lantik KPU...

More Articles Like This