Hibur Warga, Kang Jimat Rangkul Pelaku Seni Pituin Subang Untuk Tampil Digelaran Rampak Wayang Golek

Berita Pilihan

Lingkarselatan.com, SUBANG– Bupati Subang H. Ruhimat didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menghadiri Pagelaran Wayang Golek Rampak 7 Dalang 5 Sinden sebagai puncak acara HUT ke- 75 Kabupaten Subang, bertempat di Lapang Bintang Subang, Selasa (30/05) malam.

Ketujuh dalang asli Subang dalam gelaran wayang golek tersebut Wawan Eeng DAS, Iip Tata Sunandar, Sildam Wawan DAS, Nandan Asep Caswan DAS, Widodo Sano Miharja, Kevin Aradea Dahlan S dan Gilang G Inarya.

Sedangkan 5 sinden asli Subang yang tampil dalam gelaran tersebut adalah Teh Ai Kapinis yang berasal dari Palasari Ciater, Neng Sri Devina warga Jabong Pagaden, Neng Devia Intaniasti asli Curugrendeng, Neng Siti Mariam warga asli Kalijati, dan Neng Linda yang berasal dari Jalancagak. Lalakon yang akan ditampilkan adalah Milangkala Indraprahasta Ulang Taun Pandawa.

Dalam laporannya Abah Uyay selaku Ketua Pedadi Subang menyatakan rasa bangganya karena baru kali ini Pedadi Subang bisa menyambangi Rumah Dinas Bupati Subang atas undangan Bupati Kang Jimat.

“Sepanjang sejarah Pepadi Subang nembe kenging pengulem ti Pak Bupati ke rumah dinas. Ieu sejarah selami Pepadi aya di Subang.” ucap Abah

Ia juga menyampaikan berbagai prestasi yang telah diraih oleh Pedadi Subang sekaligus menghaturkan terima kasih karena Pepadi Subang dipercaya untuk mengisi Pekan Kebudayaan HUT ke-75 Kabupaten Subang.

“Kawit 2014 Pepadi Subang telah menunjukkan prestasinya. Di Karawang jadi juara pertama juru kendang se-Jawa Barat, 2016 di Cianjur menyabet juara dua dalang, 2018 di Karawang juara alog, dan 2021 di Sukabumi kenging gelar juara kedua. Hatur nuhun ka Kang Jimat nu tos mempercanteunkeun pagelaran ieu ka Pepadi Subang.” papar Abah

Acara dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata berupa wayang golek dari Pepadi Kabupaten Subang kepada Kang Jimat-Akur sebagai ucapan terima kasih atas perhatian yang diberikan Pemkab Subang di bawah kepemimpinan Jimat-Akur atas dukungannya untuk kemajuan seni di Kabupaten Subang.

Wakil Bupati Subang Agus Masykur dalam sambutannya mewakili Kang Jimat menyampaikan rasa syukurnya atas dapat dilaksanakannya ‘pesta rakyat’ setelah sebelumnya dilarang akibat adanya pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah tos 3 tahun teu tiasa ngumpul sapertos kieu karna aya pandemi. Alhamdulillah 2023 WHO mengumumkan Pandemi Covid-19 tos janten endemi. Alhamdulillah urang tiasa ngariung dinanaraga HUT ke-75 Kabupaten Subang dalam Pekan Kebudayaan.” ujar Agus

Pekan Kebudayaan dalam rangka merayakan HUT ke-75 Kabupaten Subang adalah ide Kang Jimat untuk mempersembahkan gelaran kesenian yang bersejarah bagi masyarakat Kabupaten Subang sekaligus sebagai upaya melestarikan budaya khas Sunda.

“Pak Bupati ngagagas melestarikan kebudayaan nu aya di Jawa Barat khususnya Kabupaten Subang mulai dari hari senin 300 sisingaan yang menjadi sejarah. Wengi ieu digelar pagelaran rampak dalang tujuh dalang lima sinden, ” tutur Kang Akur

Ia juga menyatakan rasa bahagianya melihat antusiasme masyarakat Subang terlebih generasi muda dalam menyambut gelaran wayang golek.

“Pagelaran wayang golek masih jadi primadona bagi warga Subang. Kami berharap pagelaran menjadi catatan dan pembelajaran bagi anak-anak kita di dunia digital agar mau lebih mengenal lagi budaya leluhur kita, ” harapnya

Lebih lanjut Kang Akur mengatakan, kita ingin kebudayaan sunda dapat kembali ‘booming’ di kalangan anak muda karena kebudayaan Sunda khususnya wayang golek memiliki nilai-nilai luhur yang dapat menjadi pelajaran bagi generasi penerus bangsa.

“Pak bupati sengaja ingin memperkenalkan kembali dan mengenal budaya sunda khususnya budaya subang salah satunya wayang golek. Semoga anak-anak kian menjadi cinta karena dulu wayang adalah sarana dakwah para wali yang berisi pembelajaran yang baik bagi anak-anak kita.” tutupnya

Dari pantauan, pegelaran Wayang Golek Rampak 7 Dalang 5 Sinden dalam rangka HUT ke -75 Kabupaten Subang tersebut disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat.

Tak sedikit warga yang datang ke lokasi itu sambil membawa tikar untuk alas duduk bersama keluarganya.

Pekan Kebudayaan dalam rangka HUT ke-75 Kabupaten Subang yang digelar selama 3 hari ini tidak hanya menjadi ajang ‘pesta’ budayawan dan pelaku seni di Subang melainkan menjadi ‘pesta’ bagi pelaku UMKM mulai dari pedagang makanan minuman ringan hingga usaha sewa mainan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Para Asisten Daerah, Para Staf Ahli, Para Kepala Perangkat Daerah, Para Camat, Para Kabag Lingkup Setda, tamu undangan, dan seluruh masyarakat Kabupaten Subang penikmat gelaran wayang golek. (Adv)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Jelang Idul Adha 1445 H, PT TKG Taekwang Indonesia Salurkan 17 Hewan Kurban untuk Masyarakat

Lingkarselatan.com, SUBANG-Sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya, PT. TKG Taekwang Indonesia kembali menyalurkan hewan kurban kepada masyarakat sekitar perusahaan...

More Articles Like This