Ikut Peringati Hari Korupsi Sedunia, Ini Komitmen Bupati Subang

0
114

 

Lingkarselatan.com, SUBANG– Acara Peringatan hari korupsi sedunia, dipusatkan di Jakarta yang di hadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma’ruf Amin, Ketua KPK, dan seluruh kepala daerah se-Indonesia termasuk Bupati Subang H. Ruhimat secara virtual bertempat di Ruang Rapat Segitiga, Jumat (9/12/2022).

Adapun tema hari anti korupsi sedunia tahun ini adalah “Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi”. Melalui tema ini, KPK mengajak keterlibatan semua pihak dalam memberantas korupsi.

“Korupsi masih menjadi permasalahan mendasar yang dihadapi bangsa Indonesia. Sehingga perlu keterlibatan semua pihak dalam memberantasnya. Tak terkecuali peran serta masyarakat di negri ini,” ujar Ketua KPK, Firli Bahuri

Firli juga menyebut bahwa dalam pemberantasan korupsi, KPK mengedepankan strategi pendidikan, pencegahan, serta penindakan.

Sementara itu Bupati Subang, H.Ruhimat mengatakan bahwa hari anti korupsi ini tak hanya milik KPK. Pemerintah Kabupaten Subang telah berkomitmen memberantas tindakan pelanggaran pungutan liar (pungli). Ia menegaskan siapapun yang melakukan tindakan pungutan liar merupakan suatu pelanggaran dan akan diberantas dengan tegas oleh Satgas Saber Pungli.

“Siapa pun yang melakukan perbuatan korupsi, pungli pasti ditindak tegas oleh tim saber pungli. Karena perbuatan korupsi, pungli bisa menimbulkan stigma negatif. Intinya, Pemerintah Daerah Kabupaten Subang berkomitmen harus terbebas dari persoalan korupsi, pungli, mengingat praktek korupsi termasuk pungli ini akan menimbulkan dampak negatif atau stigma negatif masyarakat khusunya kepada instansi pelayanan publik. Komitmen kami ini, tentunya dalam upaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ungkap Kang Jimat sapaan akrab H.Ruhimat

Pihaknya juga menghimbau agar seluruh elemen terkait dapat mengedukasi masyarakat sehingga terhindar dari oknum oknum yang menawarkan jasa lewat praktek pungli.

“Saya sarankan stakeholder yang tergabung dalam satgas Saber Pungli agar dapat mensosialisasikan kepada jajarannya agar Kabupaten Subang bersih dari praktek pelanggaran korupsi atupun pungli, “pungkasnya.

Turut hadir dalam acara itu, Kapolres Subang, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Subang, Kepala Kantor BPN Subang dan tamu undangan lainnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.