Ikuti Senang Sehat HKN Ke-58, Kang Jimat Ingin Masyarakat Subang Terbiasa dengan Pola Hidup Sehat

Berita Pilihan

Lingkarselatan.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat, didampingi Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi, hadir dan mengikuti kegiatan Senam Sehat, bertempat di Lapang Alun-Alun Subang, Senin (28/11/2022).

Senam sehat tersebut dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional Ke-58 Tingkat Kabupaten Subang. Selain diikuti oleh Kang Jimat-Akur, Senam Sehat tersebut diikuti pula oleh perwakilan tenaga kesehatan dari Puskesmas dan RSUD se-Kabupaten Subang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Maxi SH.,M.Kes dalam laporannya menyampaikan tema Hari Kesehatan Nasional kali ini adalah “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku” yang bermakna pembangunan kesehatan harus terus menjadi menjadi prioritas dalam upaya mewujudkan masyarakat sehat terlebih di tengah pandemi yang masih menghantui.

“Tema peringatan HKN kali ini adalah “Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku”. Pembangunan kesehatan merupakan prioritas dari pembangunan nasional. Sudah banyak sumber daya untuk pembangunan kesehatan, namun masih belum terlihat hasilnya terlebih adanya Pandemi. Saya mengingatkan masih ada letupan kasus Covid-19 sehingga kami himbau seluruh hadirin untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Tetap waspada dan kunjungi layanan vaksinasi yang tersedia.”

dr. Maxi menambahkan, dalam Peringatan HKN Tingkat Kabupaten Subang kali ini telah dilaksanakan berbagai kegiatan mulai dari Dinas Kesehatan hingga Puskesmas se-Kabupaten Subang.
“Dalam rangka HKN telah mengadakan berbagai kegiatan mulai dari Dinas Kesehatan hingga Puskesmas se-Kabupaten Subang. 10 Desember juga akan diadakan seminar tentang kesehatan.”

Dr. Maxi juga menghaturkan terima kasih kepada panitia, peserta, dan sponsor karena berkat kerja sama semua pihak acara senam sehat tersebut dapat terlaksana dengan baik dan berharap kegiatan tersebut bermanfaat bagi kemajuan dunia kesehatan Kabupaten Subang.

“Terima kasih kepada semua panitia dan peserta dalam melaksanakan semua rangkaian HKN sampai hari ini juga kepada mitra dan sponsor. Semoga bermanfaat bagi dunia kesehatan Kabupaten Subang.”

Mengakhiri laporannya, dr. Maxi menjelaskan Dinas Kesehatan Kabupaten Subang akan terus melakukan kampanye dan pemberdayaan Posyandu sebagai langkah mewujudkan masyarakat Subang yang sehat serta meningkatkan angka harapan hidup Kabupaten Subang.
“Akan dilakukan upaya yang sifatnya promotif dan preventif melalui kampanye salah satunya Germas di mana semua orang bisa turut berpartisipasi dengan berolahraga maupun melakukan upaya pencegahan penularan penyakit. Selain itu tahun depan pelayanan kesehatan tidak hanya sampai Puskesmas tapi bisa sampai Posyandu dengan program Posyandu Prima yang nantinya akan memiliki fasilitas modern untuk berbagai penyakit yang mendekatkan masyarakat dengan pelayanan masyarakat dengan indikator utama bagaimana meningkatkan umur harapan hidup di Kabupaten Subang.”

Selanjutnya dilaksanakan penyerahan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada Kang Jimat dan Kang Akur oleh Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Subang sebagai bentuk penanggulangan resiko dalam bertugas sebagai Kepala Daerah.

Dalam kesempatan tersebut Kang Jimat-Akur melakukan penyerahan secara simbolis santunan jaminan kecelakaan kerja PT Daenong kepada ahli waris dan beasiswa pendidikan sebesar 87 juta rupiah kepada ahli waris, penyerahan plakat untuk mitra dinas Kesehatan yang selalu mendukung program kesehatan di Kabupaten Subang, serta penyerahan hadiah pemenang lomba dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-58 Tingkat Kabupaten Subang Tahun 2022.

Mengawali sambutannya, Kang Jimat mengajak seluruh hadirin untuk mendoakan agar tidak terjadi gempa susulan di Kabupaten Cianjur serta mendoakan semua korban meninggal diberikan husnul khatimah dan masyarakat Cianjur diberikan kekuatan dan kesabaran oleh Allah SWT.

Berikutnya, Kang Jimat menyampaikan terkait adanya perubahan pola penyakit di mana setelah meredanya Covid-19 yang mendera Kabupaten Subang selama 2 tahun, saat ini terjadi peningkatan kasus penyakit tidak menular dan mengingatkan semua pihak untuk terus melakukan pola hidup sehat.
“Pandemi Covid-19 telah kita lalui selama 2 tahun dan tidak dapat dipungkiri kita harus hidup berdampingan dengan Pandemi. Berbagai upaya telah dilaksanakan salah satunya dengan vaksinasi yang efektif menurunkan angkat kesakitan dan kematian Covid-19. Namun saat ini kita sedang mengalami perubahan pola penyakit di mana terdapat peningkatan penyakit tidak menular
Resiko atau PTM meningkat sehingga aktivitas fisik dalam upaya menyehatkan badan dapat terus dilaksanakan oleh semua lapisan masyarakat.”

Menutup sambutannya, Kang Jimat berpesan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Subang untuk gencar memberikan informasi terkait pola hidup sehat kepada seluruh lapisan masyarakat dan mengapresiasi pelaksanaan senam sehat ini.

Menurut Kang Jimat, senam massal ini merupakan upaya kampanye pola hidup sehat karena masyarakat yang sehat akan menghasilkan masyarakat yang produktif sesuai dengan tema peringatan HKN kali ini.
“Perlu disosialisasikan informasi mengenai kesehatan olahraga kepada semua lapisan masyarakat. Gebyar senam massal ini dilaksanakan dalam rangka HKN. Senam harus dilakukan secara rutin untuk hidup sehat dan bugar karena masyarakat yang sehat dan bugar akan lebih produktif. Semaksimal mungkin mewujudkan masyarakat Subang yang sehat, bugar, dan produktif sesuai dengan tema HKN kali ini yaitu Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku.
Semoga kegiatan hari ini mampu memacu tumbuh kesadaran hidup sehat dengan berolahraga.” Pungkas Kang Jimat.

Acara dilanjutkan dengan pelepasan balon oleh Kang Jimat-Akur didampingi oleh Forkopimda Kabupaten Subang sebagai simbol dibukanya Senam Sehat dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-58 Tingkat Kabupaten Subang Tahun 2022.

Acara ditutup dengan pengundian doorprize oleh Kang Jimat dan Kang Akur untuk memeriahkan kegiatan tersebut.

Turut mengikuti Senam Sehat Ketua DPRD Kabupaten Subang, Kapolres Subang, Kasdim 0605 Subang, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, para Asisten Daerah, Direktur RSUD Subang, Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Ketua DWP Kabupaten Subang, para Kabag, para Camat se-Kabupaten Subang, dan tamu undangan lainnya.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Komisi III DPRD Subang Soroti Developer , Ini Dia Alasannya

Lingkarselatan.com, SUBANG-Komisi III DPRD Kabupaten Subang menyoroti persoalan masih banyaknya pengembang perumahan atau developer di Subang yang belum melakukan...

More Articles Like This