Intensifkan Kerja Sama Bidang Tekonologi Kodim 0605/Subang, Yonif 312/KH, Yonzipur 3/YW Kunjungi PT Dahana

0
120

Lingkakarsetan.com, SUBANG,– Komandan Kodim 0605/Subang, Letkol Inf Bambang Raditya, M.Han., beserta Komandan Yonif 312/KH, Mayor Inf Dede Hermawan dan Komandan Zipur 3/YW, Mayor Czi Ryan Yustian mengunjungi Kantor Manajemen Pusat Dahana yang merupakan Objek Vital Nasional (Obvitnas) di Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang, Kamis, 21/07/2022.

Kunjungan tersebut diterima oleh Direktur Teknologi & Pengembangan Suhendra Yusuf RPN yang didampingi oleh Sekretaris, Kepala EMC, Senior Manajer dan Senior Manajer Legal dan Komunikasi PT Dahana.

Komandan Kodim 0605/Subang, Letkol Inf Bambang Raditya, M.Han., mengucapkan bahwa kedatangannya ke PT Dahana dalam rangka silaturahmi dan menindak lanjuti petunjuk Pangdam III/SLW, Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo yang sebelumnya telah mengunjungi PT Dahana pada Selasa, 12 Juli 2022 lalu).

“Kami hadir kesini dengan Danyon 312/KH dan Danyon Zipur 3 /YW yang sama – sama di bawah Kodam III/SLW, Kami berharap dengan hadirnya kami ke PT Dahana Persero dapat lebih mengintensifkan lagi hubungan kerja sama di bidang teknologi demi kemajuan satuan khususnya dan umumnya bangsa dan negara” tegas Dandim Subang.

Dalam sambutannya, Direktur Teknologi & Pengembangan Suhendra Yusuf RPN menyampaikan rasa terima kasih dan hormatnya kepada Dandim 0605/Subang, Danyon 312/KH dan Danyon Zipur 3/YW yang telah berkunjung ke Dahana. Menurutnya, Dahana dengan TNI memiliki kaitan yang sangat erat. Dahana tergabung dengan Defend ID sebagai Holding BUMN Industri Pertahanan, serta kawasan Dahana yang masuk ke dalam Objek Vital Nasional.

“Selamat datang kepada Pak Dandim dan Pak Danyon atas silaturahminya, kami Insya Allah akan taat kepada Pak Dandim karena kami berada di wilayah Kodim Subang, kami sangat welcome untuk bekerja sama dan ingin berpartisipasi aktif dengan jajaran satuan lain” Ucap Suhendra.

Pada kesempatan kunjungan tersebut pihak Kodam III/Slw dalam hal ini Kodim 0605/Subang, Yonif 312/KH dan Yonzipur 3/YW bersama pihak PT Dahana berdiskusi guna menemukan formula yang tepat sebagai bahan kolaborasi antara Kodam Siliwangi dan PT Dahana dalam hal Transfer Informasi, Transfer Teknologi, dan Transfer Knowledge (Pengetahuan).

Lebih lanjut Dandim Subang dalam diskusinya membahas tentang simulasi-simulasi apabila terjadi bencana kebakaran di sekitar Dahana kompleks dan keterlibatan TNI beserta stakeholder lainnya dalam penanganan bencana tersebut.

“Jadi dalam simulasi ini tidak hanya latihan bersama saja, tapi output nya akan menghasilkan sebuah produk yaitu SOP baru ataupun memperbaharui SOP yang ada” Ucap Dandim.

Senada yang diucapkan Dandim, Danyon Zipur 3/YW, Mayor Czi Ryan Yustian menyampaikan bahwa Zeni memiliki Satuan Nubika dan satuan Penjinak bahan peledak.

“Kami memiliki satuan Nubika dan satuan Penjinak bahan peledak yang nanti dapat dilibatkan pada penanganan bencana tersebut” timbal Danyon Zipur.

Danyonif 312/KH, Mayor Inf Dede Hermawan menambahkan, bahwa Batalyon Infantri 312/KH siap turut serta dalam merencanakan dan menyiapkan simulasi latihan tersebut.

“Terlebih Batalyon kami Yonif 312/KH, memiliki Kendaraan Taktis Anoa sehingga keterlibatannya tidak saja dalam hal simulasi penanggulangan bencana saja, tetapi juga bisa dilibatkan dalam menghadapi kejadian-kejadian tertentu di PT Dahana” terang Mayor Dede.

Dandim Subang berharap kolaborasi antara Kodam Siliwangi dan PT Dahana simulasi latihan bersama serta transfer informasi dan teknologi guna kemajuan bangsa dan negara dapat berjalan dengan baik.

Dalam kesempatan yang sama, Suhendra selaku Direktur Teknologi & Pengembangan PT Dahana mengatakan, akan selalu terbuka juga transparansi serta terus berkolaborasi dengan satuan-satuan jajaran Kodam III/Slw, dalam melakukan uji dari tiap produk yang telah dibuat oleh PT Dahana. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.