Jelang Kedatangan Jokowi ke Subang, Menhub didampingi Bupati Cek Kesiapan KSOP Patimban 

Berita Pilihan

Lingkarseletan.com, SUBANG-;Bupati Subang H. Ruhimat menerima kunjungan Menteri Perhubungan RI Ir. Budi Karya Sumadi di Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas II Patimban. Sabtu, 5 Maret 2022.

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau proses export serta persiapan KSOP Patimban dalam menyambut Presiden RI Ir. H. Joko Widodo yang akan berkunjung Selasa 8 Maret 2022.

Bupati Subang dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan optimisme atas hadirnya Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang.

Pria yang akrab disapa Kang Jimat ino pun, mengaku optimis bahwa dengan adanya Pelabuhan Patimban ini akan memberikan dampak positif dalam pertumbuhan ekonomi masyarakat dan

akan menciptakan multiplier effect bagi pertumbuhan aneka sektor industri, termasuk di sekitar lokasi Pelabuhan.

“Dengan hadirnya Pelabuhan Patimban ini saya optimis kedepannya tak hanya akan menumbuhkan sektor ekonomi, seperti industri properti, sektor jasa keuangan dan perdagangan retail dan akan memberikan kesempatan usaha baru bagi masyarakat sekitar, terlebih bagi kelompok nelayan dan pelaku UMKM. Ini yang menjadikan sebuah optimisme dalam menumbuhkan ekonomi Subang” jelas Kang Jimat.

Kang Jimat menambahkan, dalam upaya untuk mendorong hadirnya Pelabuhan Patimban, pihaknya telah menyiapkan berbagai wilayah yang dibagi menjadi wilayah Industri dan Pertanian.

“Kami berharapa baik industri maupun pertanian, bisa mampu di export melalui Pelabuhan Patimban, saya yakin Subang kedepan akan sangat maju” ujarnya.

Semantara itu, Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi, menyampaikan rasa syukur atas berjalannya fungsi Patimban yang berjalan dengan baik, terutama berkaitan dengan Car Terminal.

Menurut Budi, Car Terminal tersebut sudah berjalan 3 bulan dan rencana menampung lebih dari 160 ribu mobil dalam satu tahun dari kapasitas 200 ribu mobil.Berjalannya kegiatan tersebut tidak lepas dari kerjasama pemerintah, swasta serta TNI dan Polri.

Menhub juga menyampaikan bahwa Pelabuhan Patimban adalah suatu pelabuhan yang diharapkan berkolaborasi dengan pelabuhan Tanjung Priok dan menjadi pelabuhan besar, dimana nantinya Tanjung Priok dapat menampung kegiatas Bekasi ke Barat, dan dari Bekasi sampai ke Jawa tengah melalui pelabuhan Patimban.

Terkait rencana kedatanga  Presiden RI berkunjung ke Patimban Selasa (8/3) mendatang, untuk memastikan proses pelabuhan berjalan dengan baik.

“Atensi Pak Presiden (Joko Widodo) menjadi semangat bagi kami semua, stake holder, pemerintah daerah agar kegiatan ini berjalan baik,” ucapnya

Menhub juga mengaku optimis akan hadirnya Patimban mampu menjadi titik dimana pertumbuhan segitiga rebana, (Patimban Kertajati dan Cirebon) mampu menjadi suatu daerah pertumbuhan baru, berupa industri, perumahan dan peningkatan ekonomi lainnya.

“Harapannya apa yang dilakukan pemerintah memberikan manfaat bagi masyarakat, meningkatkan kehidupan masyarakat, memajukan industri dan akhirnya mendorong eksport dan meningkatkan pertumbuhan (ekonomi) bagi negara kita ini.” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau lokasi yang akan dijadikan tempat beristirahat dan makan Presiden RI oleh Menhub, Kang Jimat beserta jajaran.

Turut hadir mendampingi Kang Jimat pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Kapolres Subang, Dandim 0605 Subang, Kadishub, jajaran PT. Subang Sejahtera serta jajaran KSOP Patimban. ( red/*).

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Kompak, Antisipasi Melonjaknya Harga Pangan Berlebihan, Kapolsek bersama Camat Jalancagak Cek Ketersediaan Stok dan Harga Pangan

Lingkarselatan.com, SUBANG- Kompak, Kapolsek Jalancagak Kompol Bony Yuniar bersama Camat Jalancagak Aris Ristian melaksanakan "monitoring" pasar untuk mengecek ketersediaan...

More Articles Like This