Kang Akur Hadiri Peresmian Masjid Raya Al-Jabbar Jawa Barat

Berita Pilihan

Lingkarselatan.com, SUBANG – Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi hadiri peresmian Masjid Raya Al-Jabbar Provinsi Jawa Barat. Bandung, Jum’at (30/12/22).

Masjid Raya Al Jabbar yang berada di kawasan Gedebage Bandung tersebut, diresmikan secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi oleh Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan disaksikan oleh tamu yang hadir dari unsur Forkopimda Provinsi Jawa Barat, para kepala daerah se-Provinsi Jawa Barat, para tokoh agama, Ormas dan jamaah undangan lainnya yang hadir.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sambutannya menyampaikan bahwa pembangunan masjid Raya Al-Jabbar berlangsung sejak tahun 2017 yang kala itu beliau masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung sekaligus bertindak sebagai arsitek pembangunan masjid tersebut. Pada saat itu pelaksanaan ground breaking dilaksanakan pada saat kepemimpinan Ahmad Heryawan sebagai Gubernur Jawa Barat dan selesai tahun 2022 saat Ridwan Kamil menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat.

Saat itu Kang Emil bersama Aher berikhtiar membangun masjid provinsi Jawa Barat karena Jawa Barat saat itu belum mempunyai masjid raya seperti provinsi lain.

“Masjid Raya ini dinamakan Masjid Raya Al-Jabbar yang secara kebetulan memiliki latar sebagai Asmaul Husna, matematis (Aljabar) dan singkatan dari Jawa Barat.”

Masjid ini banyak kelebihan dan keindahan dan tentunya ramah lingkungan karena konstruksi menggunakan filter fiber seperti rumah kaca dan plafon sehingga penerangan dan sirkulasi udara cukup dan sedikit membutuhkan listrik.

Selain itu terdapat 27 pintu yang menyimbolkan 27 Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Barat dengan ditandai ornamen ciri khas batik dari setiap Kabupaten/Kota. Masjid pun dikelilingi danau retensi yang indah, dengan taman kota panjang yang menceritakan cerita 25 nabi. Masjid ini juga semoga menjadi icon baru Jawa Barat selain dari gedung sate.

Kang Emil juga mempersilahkan masyarakat untuk berkunjung dan mempergunakan fasilitas masjid tersebut untuk beribadah, bermunajat bahkan sekaligus wisata religi.

Dikawasan masjid raya tersebut juga terdapat museum sejarah Rasullullah SAW terbesar di Indonesia, yang didalamnya menyajikan sejarah Islam masuk ke Jawa Barat bahkan Indonesia serta sejarah tokoh-tokoh Islam yang ada di Jawa Barat.

Kang Akur sapaan Wakil Bupati Subang Agus Masykur merasa bangga dan takjub atas kemegahan Masjid Raya Jawa Barat Al-Jabbar ini.

Selain sebagai tempat ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya diharapkan dapat menjadi pusat edukasi dan rekreasi religi karena kemegahan dan keindahannya sehingga mampu mendongkrak ekonomi masyarakat di kawasan sekitar.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Kompak, Antisipasi Melonjaknya Harga Pangan Berlebihan, Kapolsek bersama Camat Jalancagak Cek Ketersediaan Stok dan Harga Pangan

Lingkarselatan.com, SUBANG- Kompak, Kapolsek Jalancagak Kompol Bony Yuniar bersama Camat Jalancagak Aris Ristian melaksanakan "monitoring" pasar untuk mengecek ketersediaan...

More Articles Like This