Kang Jimat Hadiri Undangan BNPB Pusat Terkait Keselarasan Program Penanggulangan Bencana

Berita Pilihan

Lingkarselatan.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat, melaksanakan dialog bersama Kepala BNPB Suharyanto, di kantor BNPB, Jakarta (08/06/2022).

Dialog ini dilaksanakan atas undangan kepala BNPB langsung kepada Bupati Subang, agar terciptanya keselarasan antara program pusat dan daerah dalam penanggulangan bencana.

Kang Jimat dalam kesempatan tersebut menyampaikan demografis dan potensi Kabupaten Subang dari utara hingga selatan. Kang jimat juga menjelaskan upaya penanggulangan bencana khususnya banjir dan pola pengelolaan sungai di wilayah Kabupaten Subang yang selama ini telah dilaksanakan kerja sama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Subang dengan BBWS, PGT, dan PSDA.

Kang Jimat juga pada kesempatan tersebut mengundang Kepala BNPB untuk dapat berkunjung ke Kabupaten Subang untuk meninjau potensi bencana yang ada di Kabupaten Subang.

Kang Jimat pun menyampaikan bahwa saat ini anggaran penanggulangan bencana yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah Kabupaten hanya cukup untuk operasional dan tidak mampu apabila harus melakukan pengadaan alat berat seperti back hoe amfibi dan alat berat lainnya. Dengan kondisi tersebut, Kang Jimat berupaya bagaimanapun caranya menyelesaikan permasalahan-permasalahan kebencanaan di Kabupaten Subang.

Dra. Prasinta Dewi, M.A.P, Deputi Bidang Pencegahan BNPB menyampaikan salah satu upaya terbaik yang dapat dilaksanakan adalah dengan mitigasi bencana terkait tata guna lahan yang ada di Kabupaten Subang dan penguatan mitigasi di masyarakat termasuk peringatan dini sebelum bencana terjadi.

Selanjutnya, Evi, Direktur Sumber Daya Manusia BNPB menambahkan setelah terjadi bencana, Pemerintah Daerah harus langsung memberikan status tanggap darurat dan kajian terkait kebencanaan sehingga BNPB dapat memberikan dana hibah dan dana regular kepada daerah.

Sementara itu, Menanggapi apa yang disampaikan Kang Jimat, Kepala BNPB Suharyanto menyampaikan harus ada keselarasan antara program penanggulangan bencana antara Kabupaten Subang dengan BNPB.

Suharyanto pun menyampaikan kepada Kang Jimat untuk tidak sungkan meminta bantuan dari BNPB apabila bencana datang sehingga bantuan dari BNPB dapat segera turun.

Turut hadir mendampingi dalam kegiatan tersebut Asisten Daerah (ASDA) I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Subang, H. Rahmat Effendi, Jajaran BNPB, Dra Prasinta Dewi, M.A.P, selaku Deputi Bidang Pencegahan, Mayjen TNI Fajar Setyawan, S.I.P, selaku Deputi bidang Penanganan Darurat, Zaherman Muabezi, SH. selaku Deputi bidang Logistik dan Peralatan, serta Kalak BPBD Kabupaten Subang.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Jelang Pilkades Digelar, Muspika Jalancagak Gelar Apel Pasukan Pengamanan, Camat Jalancagak : Calon dan pendukungnya harus siap menang dan siap kalah

  Lingkarselatan.com, SUBANG-Seperti diketahui, Pemda Kabupaten Subang menetapkan hari H pemungutan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 3 Desember 2023....

More Articles Like This