Kang Jimat Sambut Baik Kabupaten Subang jadi Lokus JKN

Berita Pilihan

Lingkarselatan.com, SUBANG- Kabupaten Subang akan menjadi lokus uji coba redistribusi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Hal itu diungkapkan Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kementerian Kesehatan RI, dr. Obrin Parulian saat kujungan kerjanya ke Subang, pada hari Kamis (26/10/2023) kemarin.

“Hasil dari uji coba lokus ini, diharapkan dapat menjadi referensi jika redistribusi peserta JKN diimplementasikan dalam skala nasional, ” kata dr. Obrin.

Ia juga menyampaikan permintaan dukunganya kepada Bupati Subang H. Ruhimat, terkait ujicoba redistribusi peserta JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) di faskes Kabupaten Subang.

“Uji coba lokus ini didasari adanya ketidakmerataan jumlah peserta JKN KIS di faskes yang ada di Kabupaten Subang. Karena itu, kami mohon dukungannya Pak Bupati,” ujarnya.

Akibat ketimpangan ini , lanjut Obrin, jadi penyebab waktu tunggu pasien yang lama. Uji coba redistribusi ini akan disosialisasikan kepada. peserta JKN karena sifatnya kerelaan dari peserta.

“Selain itu, akan ada uji coba redistribusi dari faskes di Subang secara bertahap. Ini merupakan komitmen pemerintah pusat, daerah dan BPJS Kesehatan untuk mempromosikan kepada masyarakat untuk pindah ke Faskes yang lebih baik, ” ungkap dr Obrin.

Menanggapi hal itu, Bupati Subang H. Ruhimat, menegaskan,pihaknya sangat dukung atas usulan itu. Dirinya sangat memahami adanya ketidakseimbangan jumlah dokter dan pasien di beberapa faskes, berpengaruh pada pelayanan di fasilitas kesehatan tersebut.

Bupati pun menginstruksikan Kadinkes Subang untuk mengawal proses ujicoba redistribusi pasien di puskesmas.

“Untuk menghindari terjadinya penumupukan pasien di satu tempat, saya minta konsultasikan dulu ke saya sejauh mana ujicoba itu siap diterapkan. astinya saya sangat mendukung atas usulan itu. Tolong Pak Kadinkes (dr.Maxi) saya minta utuk segera dilaksanakan, ” tandasnya.

Turut hadir dalam pertemuan itu, Kabid Yankes Provinsi Jawa Barat, jajaran pelayanan kesehatan primer Kemenkes RI, perwakilan BPJS pusat, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekdis dan jajaran Dinkes Subang. (#)

 

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Sebuah Villa di Jalancagak Subang Ludes Terbakar ,Ayah dan Anak Alami Luka Bakar

Lingkarselatan.com, SUBANG- Bangunan villa di Subang, hangus terbakar, Jumat (19/4/2024) malam. Peristiwa terjadi di Dusun Tambakan, Desa Tambakan Kecamatan Jalancagak Komandan...

More Articles Like This