Kompor Hasil Inovasi Prajurit Kodam III/Siliwangi Bantu Korban Bencana Banjir di Subang, Dandim : tungku hemat energi ini bahan bakarnya bentuk briket

Berita Pilihan

Lingkarselatan.com ,SUBANG- Hari ke tiga banjir melanda beberapa dusun di Desa Mulyasari, kecamatan Pamanukan kabupaten Subang, Jawa barat, ratusan warga mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama masalah pangan.

Peduli akan keadaan tersebut, TNI dalam hal ini jajaran Korem 063/SGJ mendirikan dapur lapangan untuk membantu para korban terdampak Banjir di Desa Mulyasari, kecamatan Pamanukan kabupaten Subang, Jawa barat. Senin, 13/2/2023.

“Kita hari ini dirikan Posko Kesehatan dan dapur umum untuk para korban banjir di Pamanukan, agar kesehatan dan kebutuhan makanan para korban bisa terpenuhi,” ujar Kolonel Inf Dany Rakca.

Sebelumnya Danrem 063/SGJ, Kolonel Inf Dany Rakca, S.A.P., M.Han., didampingi Ketu Persit KCK Koorcab Rem 063, Ny. Widya Dany Rakca bersama jajaran dari Kodim 0605/Subang membagikan sembako secara door to door kepada warga terdampak banjir yang lebih memilih tidak mengungsi.

Ada yang cukup menarik perhatian, Dapur Umum yang didirikan jajaran Korem 063/SGJ salah satunya menggunakan kompor hasil dari inovasi prajurit Kodam III/Siliwangi yang diberi nama Biomass Burner. Kompor tersebut merupakan tungku hemat energi dengan sistem otomatisasi bahan bakar berupa briket atau kayu bakar.

Di tempat yang sama Dandim 0605/Subang menjelaskan bahwa perbandingan penghematan biaya antara Biomass burner menggunakan bahan bakar biomassa adalah 3 (tiga) kali lipat lebih hemat dari pada kompor yang menggunakan gas atau minyak tanah.

“Kompor ini Multifungsi. Selain lebih hemat, kompor ini ramah lingkungan. Menggunakan bahan bakar palet kayu atau bahan bakar biomassa lainnya dan tidak mengandalkan bahan bakar gas. Kompor Biomass ini dapat menghasilkan suhu api di atas 700 derajat Celsius” jelas Dandim Subang.

Lebih lanjut Letkol Bambang menyampaikan, dengan banyaknya jumlah pengungsi, kecepatan dalam memasak juga diperlukan agar kesulitan warga dalam memenuhi kebutuhan pangan cepat teratasi.

“Mudah-mudahan dengan menggunakan Kompor Biomass Burner ini memasak lebih efisien, sehingga makanan yang dimasak cepat terdistribusikan kepada warga yang terdampak banjir.” Pungkas Dandim Subang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Sukseskan Pilkada 2024, Sah! Sebanyak 150 Anggota PPK Dilantik KPU Subang, Abdul Muhyi : Jangan miring-miring lagi

Lingkarselatan.com, SUBANG-Sebanyak 150 orang Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas di 30 Kecamatan se-Kabupaten Subang di lantik KPU...

More Articles Like This