Kukuhkan Kader Kesehatan, Kang Jimat Titip Pesan Ini

0
148

Lingkarselatan.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat, hadir dalam acara Pengukuhan Forum Komunikasi Kader Kesehatan (FK3) dan Keluarga Berencana Kecamatan Ciater, bertempat di Kantor Kecamatan Ciater, Selasa (27/09/2022).

Kader yang dikukuhkan berasal dari 45 Posyandu se-Kecamatan Ciater dengan jumlah total kader yang dikukuhkan adalah 315 kader.

Camat Ciater, Imam Supardan, S.IP, dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran Bupati Subang.

“Selamat datang kepada Pak Bupati dan para tamu undangan.” ucapnya

Imam juga menyampaikan Kang Jimat memiliki kepedulian luar biasa kepada Kecamatan Ciater dan sudah memiliki rencana serta ide untuk pengembangan Kecamatan Ciater.

“Pak Bupati punya banyak ide luar biasa untuk mengembangkan Ciater. Salah satu tantangan terberat adalah infrastruktur dan Pak Bupati sudah memiliki ide untuk mengatasi hal tersebut.” katanya

Selanjutnya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Maxi, SH.,M.Hkes dalam laporannya menyampaikan kader kesehatan di Kabupaten Subang memiliki peran yang sangat besar dalam menyukseskan program-program yang ada.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, kader yang ada di sini adalah orang-orang yang luar biasa. Kader ini adalah sahabat yang menemani Dinas Kesehatan maupun DP2KBP3A di mana keterlibatannya sangat membantu.” ujar Maxi

Maxi menambahkan, pembentukan Forum Komunikasi ini adalah inisiatif dari Kepala Puskesmas Palasari sebagai wadah bagi para kader kesehatan di Kecamatan Ciater.

“Selama ini kader seperti tidak punya wadah, makanya atas inisiatif Kepala Puskesmas Palasari, dibentuklah suatu forum bagi para kader. Dan ini baru pertama kali forum tersebut dibentuk di Kabupaten Subang.” ucapnya

Ia juga berharap Forum Komunikasi Kader Kesehatan dan Keluarga Berencana tidak hanya ada di Kecamatan Ciater saja, namun semua Kecamatan di Kabupaten Subang dapat memiliki Forum serupa.
“Forum Komunikasi Kader Kesehatan dan Keluarga Berencana ini saya harap tidak hanya dikukuhkan di Kecamatan Ciater, tapi di seluruh Kecamatan di Kabupaten Subang.”

Menutup laporannya, dr. Maxi menyampaikan komitmennya dalam memperjuangkan kesejahteraan para kader kesehatan di Kabupaten Subang.

“Kami akan selalu berupaya bahu membahu bagaimana menyejahterakan kader semuanya agar kader makin giat melayani masyarakat dan menjadi fasilitator bagi program-program yang ada.”tutupnya

Acara dilanjutkan dengan Pengukuhan Forum Kader Kesehatan dan Keluarga Berencana Kecamatan Ciater oleh Kang Jimat dan secara simbolis Kang Jimat memakaikan rompi kepada 7 perwakilan kader yang dikukuhkan.

Dalam sambutannya, Kang Jimat menyatakan bahagia dan optimis dengan adanya kader kesehatan di Kabupaten Subang.

“Dengan kader kesehatan yang ada di Kabupaten Subang, cita-cita Subang Jawara akan segera terwujud.”ujarnya

Kang Jimat juga menyampaikan terima kasih atas kerja keras dan ketulusan seluruh kader yang sudah bekerja dengan ikhlas dan maksimal bahkan sejak sebelum dikukuhkan.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang mengucapkan haturnuhun wilujeng kepada ibu-ibu kader yang selama ini sudah menjalankan kemaslahatan untuk masyarakat bahkan sejak sebelum dikukuhkan. Terima kasih akan keikhlasan dalam rangka membantu memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.” paparnya

Kang Jimat menambahkan, dirinya paham betul beban kerja kader kesehatan yang menjadi tempat bertanya masyarakat bahkan selain urusan kesehatan.

“Untuk membantu kebutuhan masyarakat di berbagai lini terkhusus pelayanan kesehatan. Rek ka saha deui tatanya kalau bukan ke ibu-ibu.”kata Kang Jimat

Kang Jimat berpesan kepada Kepala Desa se-Kecamatan Ciater agar mengayomi kader kesehatan karena tanpa kader kesehatan, program di desa akan sulit dijalankan.

“Kepala desa juga mengandalkan ibu-ibu,
Mari kita sama-sama mengayomi ibu-ibu kader di wilayah masing-masing. Ai digawe na mah sagala rupa. Wayahna tambah keikhlasana. Saya geus apal cara kerja ibu-ibu sampai urusan sembako ibu-ibu kader pasti ditanya.”harapnya

Sebagai bentuk apresiasi dan peningkatan kesejahteraan kader kesehatan, Kang Jimat menyatakan akan menambahkan operasional bagi para kader Kesehatan melalui Dinas Kesehatan.

Menutup sambutannya, Kang Jimat menyampaikan apresiasinya kepada seluruh tenaga kesehatan dan kader kesehatan atas kontribusinya bagi Kabupaten Subang.

“Terkait pengukuhan hari ini apresiasi untuk Kepala Puskesmas Palasari dan Camat Ciater serta seluruh pihak. Kepada petugas puskesmas nganuhunkeun pisan atas pengorbanan teman-teman terlebih saat penanggulangan covid.” Pungkas Kang Jimat.

Selanjutnya, Kang Jimat menyempatkan diri untuk melihat penampilan para kader kesehatan dari masing-masing desa se-Kecamatan Ciater.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala DP2KBP3A Subang, Kepala BPBD Subang, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Subang, Muspika Kecamatan Ciater, Kepala Desa se-Kecamatan Ciater, dan Kader Kesehatan se-Kecamatan Ciater yang dikukuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.