Monitoring Dampak Bencana, Camat Tanjungsiang Kang Agus Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem

Berita Pilihan

Lingkarseletan.com, SUBANG- Camat Tanjungsiang Agus Seupulah mengimbau kepada warganya untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem. Menurutnya,  kecamatan Tanjungsiang diantaranya merupakan wilayah yang rawan bencana.

Seperti diketahui, hujan deras yang terjadi pada Minggu malam hingga Senin (27/2) hari ini, membuat sejumlah wilayah di kabupaten Subang terkena bencana banjir, seperti yang terjadi di sejumlah kecamatan Subang utara.

“Termasuk peristiwa tanah longsor yang terjadi di Kampung Sindanglaya, Desa Sindanglaya kecamatan Tanjungsiang. Penanggulangan bencana ini adalah tugas bersama, maka saya imbau warga untuk peka dengan lingkungannya, khususnya yang tinggal di wilayah perbukitan yang rawan bencana. Kemudian untuk kades kita akan segera melakukan antisipasi dan meminimalisir risikonya,” ujar Agus disela kegiatan pantauannya di lokasi tanah longsor di Kampung Sindanglaya, Senin (27/2/23)

Agus bersama jajaran Muspika tengah melakukan upaya antisipasi jika bencana serupa terjadi kembali.

“Pak kades se-kecamatan Tanjungsiang yang wilayahnya rawan bencana, saya harap bisa terjun langsung ke lapangan mengecek kondisi di wilayah masing masing. Ini demi antisipasi, ” ucapnya

Agus juga mengungkapkan dalam hal penanganan bencana pemerintah telah berupaya secara preventif dan responsif dalam penanggulangan bencana di wilayahnya, secara komprehensif.

“Saya ingatkan kepada warga untuk segera melapor ke pak kades, ketika rumahnya terancam bencana,” tegasnya.

Selain itu, Agus berharap agar seluruh aparat di wilayah bisa meningkatkan koordinasi dengan dinas terkait. Selain menguatkan sinergitas, upaya menekan resiko dari bencana yang terjadi bisa lebih optimal.

“Kita kan tidak tahu, kapan bencana itu datang pada kita, makanya melalui sinergitas semua jajaran, mari bersama sama berupaya meminimalisir risiko bagi masyarakat yang menjadi korban bencana,” pungkasnya.

Turut hadir dalam giat monitoring dan evakuasi tanah longsor tersebut dipimpin oleh Kapolsek Tanjungsiang, Iptu Endang Pirtana, bersama Danramil 0505 Tanjungsiang, Kapten Czi Alipudin, Camat Tanjungsiang, Kepala Desa Sindanglaya, Bhabinkamtibmas Desa Sindanglaya, Babinsa Desa Sindanglaya, Ketua BPD Kecamatan Tanjungsiang.

Terjadinya musibah tanah longsor tersebut bermula dari hujan deras yang mengguyur wilayah itu, mengakibatkan tanah setinggi sekitar 6 meter dan lebar 5 meter, longsor dan menimpa sebuah rumah milik seorang warga bernama Idah Siti Khodijah (48)  warga Kampung Sindanglaya Rt.015 Rt.003.

Beruntung kejadian tersebut tidak sampai menelan korban jiwa namun kerugian secara material diperkirakan mencapai lima puluh juta rupiah. (Red)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Sukseskan Pilkada 2024, Sah! Sebanyak 150 Anggota PPK Dilantik KPU Subang, Abdul Muhyi : Jangan miring-miring lagi

Lingkarselatan.com, SUBANG-Sebanyak 150 orang Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas di 30 Kecamatan se-Kabupaten Subang di lantik KPU...

More Articles Like This