Pekan Kebudayaan Daerah, Kang Jimat Harapkan Kebudayaan Tetap Dipertahankan

Berita Pilihan

Lingkarselatan.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat membuka kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah Kabupaten Subang 2022, bertempat di Gedung Kebudayaan Subang, Ranggawulung, Senin. 1 Agustus 2022.

Pekan Kebudayaan Daerah Kabupaten Subang, dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 4 Agustus 2022, dengan diisi berbagai kegiatan seperti Karesmen Cabut Kayon, Lomba Membaca Sejarah Lokal Subang, Lomba Tari Kreasi Kaulinan Barudak, Saresehan Budaya, Teater Tradisional Banjet Subang, Pemilihan Duta Cagar Budaya, serta Pameran Dokumentasi Kebudayaan.

Plt. Kabid Kebudayaan Suyatno, S.Pd., M.M dalam laporannya menyampaikan bahwa dilaksanakannya kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah adalah sebagai salah satu kegiatan dalam tahun anggaran 2022 sebagai sarana kelestarian tradisi sekaligus bentuk pengenalan budaya kepada generasi muda dan bertujuan sebagai perlindungan dan pemanfaatan budaya.

Kadisdikbud Tatang Komara, S.Pd., M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.
Kadisdik menyampaikan bahwa dengan mengenal sejarah lokal, adalah sarana dalam mengenal kebudayaan. “sejarah lokal itu adalah upaya dalam rangka mentransformasi berbagai nilai bukan hanya nilai-nilai seni, tetapi memiliki nilai-nilai kehidupan karena budaya meliputi banyak faktor termasuk dalam kehidupan kita.”

Kadisdik juga mengajak melalui Pekan Kebudayaan Daerah, untuk bersama-sama mengembangkan budaya daerah, karena kehidupan tidak terlepas dari nilai-nilai kebudayaan.

“mari kita sama-sama pahami dengan benar arti dari kebudayaan yang akan kita kembangkan pada hari ini. peradaban manusia sejak kita zaman dahulu sampai sekarang tak lepas dari nilai-nilai budaya.”

Kadisdikbud pun menyampaikan bahwa dukungan Kang Jimat terhadap pendidikan sangat besar.
“Pak Bupati sangat fokus dan berpihak kepada pendidikan di Kabupaten Subang, itulah memang harapan kita. Dengan begitu maka pemerintah dan negara hadir di tengah-tengah pendidikan kita.”

Acara dilanjutkan dengan Pencabutan Kayon oleh Kang Jimat dan diserahkan kepada Kadisdik Subang sebagai tanda dibukanya acara Pekan Kebudayaan Daerah Kabupaten Subang.

Sementara itu, Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelestarian kebudayaan harus tetap digencarkan, terlebih saat ini kebudayaan luar di era globalisasi semakin cepat masuk ke Indonesia.
“Komunikasi dan informasi yang sangat cepat, membuat kebudayaan asing masuk dan semakin menggeser posisi kebudayaan Indonesia dari idealnya. jika tidak mempertahankan budaya kita, maka identitas bangsa kita pun lambat laun akan menjadi pudar, bahkan hanya menjadi catatan sejarah saja. Mempertahankan Budaya adalah kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia.”

Kang Jimat pun dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyelanggarakan kegiatan tersebut dan berharap dengan kegiatan Pekan Kebudayaan Daerah, dapat memajukan daerah tanpa meninggalkan ciri khas budaya. “saya berikan apresiasi atas terselenggara kegiatan yang sangat baik ini, karena ini Tentunya langkah-langkah upaya untuk mempertahankan budaya bangsa Indonesia, khususnya budaya Kabupaten Subang. Semoga dengan kegiatan ini menjadi daerah yang maju tanpa meninggalkan ciri khas adat istiadat dan budaya.”

Kang Jimat berharap kegiatan yang kini dilaksanakan dapat berjalan secara terus menerus.
“Saya harapkan bisa dilaksanakan secara kontinyu Saya minta jajaran Disdik, mudah-mudahan tidak hanya tahun ini. saya yakin kalau dilakukan secara kontinyu, tidak menutup kemungkinan wisatawan budaya bisa menonton, bisa melihat dan bisa mempelajari akan demikian khasanah budaya Kabupaten Subang.”

Terkait pandemi covid19, Kang Jimat mengajak semua masyarakat untuk tetap patuh prokes dan melaksanakan vaksinasi lengkap. “mudah-mudahan wabah mudah-mudahan betul-betul tidak akan hadir lagi di muka bumi ini, dengan syarat semuanya tidak mengabaikan protokol kesehatan. yang belum lengkap vaksin untuk segera mendatangi Fasilitas Kesehatan terdekat agar kita semua terjaga dari bahaya pandemi.”

Turut hadir pada kegiatan tersebut Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekdis Dikbud serta jajaran Disdikbud, MKKS SMP, serta para Perwakilan Korwil di setiap Kecamatan se-Kabupaten Subang.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Hujan Deras, Batu Besar Longsor Tutup Jalur Sangalaherang-Curug Agung, Kalak BPBD : Butuh alat berat untuk memecah batu

Lingkarselatan,com ,SUBANG- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang menyampaikan jalur Sagalaherang -Curug Agung sebagai jalan alternatif yang menghubungkan...

More Articles Like This