Pelantikan Pengurus IBI Subang, Kang Jimat : Peran Bidan Sangat Krusial!

Berita Pilihan

Lingkarselatan.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat hadir dalam acara pelantikan dan pengukuhkan Pengurus Cabang IBI Kabupaten Subang masa bakti 2018-2023, di Grant Hotel, Senin (20/06/2022).

IBI atau Ikatan Bidan Indonesia merupakan organisasi profesi bidan di Indonesia yang dibentuk dengan tujuan meningkatkan profesionalisme anggota guna menjamin masyarakat mendapatkan pelayanan berkualitas.

Dalam acara tersebut, dilantik 20 orang Pengurus Cabang IBI Kabupaten Subang, 5 orang Unit Pelaksana Bidan Delima, dan 21 orang Pengurus Ranting (Ranting 1-7) yang dilantik secara langsung oleh Ketua Pengurus Daerah IBI Jawa Barat, Hj. Eva Riantini, A.M.S.Sos.,M.M.Kes.

Ketua Pengurus Cabang IBI Kabupaten Subang, Hj. Yuni Sugiarti SSTP dalam sambutannya menyampaikan acara pengukuhan ini sempat tertunda karena Pandemi Covid-19.

Yuni berpesan kepada seluruh bidan yang hadir, untuk selalu sepenuh hati dalam menjalankan tugas demi memberikan pelayanan terbaik bagi ibu dan bayi sebagai upaya menekan angka kematian bayi dan angka kematian ibu.
“Memberikan yang terbaik dalam melayani masyarakat dan memberi pengasuhan terbaik bagi ibu dan bayi. Bidan sebagai bidadari dan srikandi. Di manapun dia berada akan memberikan senyuman manis dalam melayani ibu dan anak agar dapat menekan angka kematian ibu dan bayi.”

Selanjutnya, Ketua Pengurus Daerah IBI Jawa Barat, Hj. Eva Riantini, A.M.S.Sos.,M.M.Kes. menyatakan kehadiran Bupati dalam acara pelantikan ini sebagai bentuk kecintaan kepada bidan.
“Dengan hadirnya Bapak Bupati, saya yakin bidan di Kabupaten Subang dicintai oleh Bapak Bupati dan jajaran. Ini sebagai motivasi untuk kita semua.”

Eva juga menyampaikan peran bidan sangat krusial dalam membantu program pemerintah terkait penurunan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), dan stunting.
“Kita harus bekerja keras untuk menurunkan AKI dan AKB serta stunting. Saya yakin bidan siap membantu program ini namun tetap butuh peran dari sektor yang lain.”

Eva menambahkan, peran bidan terlihat sangat penting pada masa Pandemi Covid-19 yang tidak pernah mundur dalam melayani masyarakat.
“Semangat pengabdian yang membuat bidan tidak pernah mundur dalam melayanai masyarakat.
186 bidan meninggal di Jawa Barat selama pandemi, tapi kami tidak pernah mundur.”

Sementara itu, Kang Jimat dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus yang baru dan ebrdoa semoga pengurus IBI Cabang Subang yang baru saja dilantik mampu menjalankan tugas dengan baik.
“Semoga tugas dan amanah yang diberikan kepada saudara, dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya serta dapat menjadi mitra pemerintah daerah dalam melakukan pembinaan dan tumbuh kembang kesehatan ibu dan anak di Kabupaten Subang.”

Kang Jimat menambahkan peran bidan dan tenaga Kesehatan sangat besar dalam membantu pemerintah mecukupi kebutuhan masyarakat dalam sektor Kesehatan.
“Keberadaan bidan sangat strategis untuk pembinaan, pelayanan dan pembangunan kesehatan ibu dan anak di Kabupaten Subang. Terlebih lagi, bidan merupakan garda terdepan yang langsung berhadapan dengan masyarakat. Bahkan seringkali bidan turut ikut serta dalam melayani masalah kesehatan lainnya. Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh tenaga kesehatan khususnya seluruh bidan di Kabupaten Subang, karena telah selalu sedia membantu melayani ibu melahirkan dan menjaga kesehatan anak dari masa kritis pandemi hingga sekarang. Sebagai perpanjangan tangan pemerintah, bidan telah menunjukkan kesiap sediaan perannya ditengah masyarakat untuk mewujudkan kesehatan ibu dan anak yang unggul, sehat dan berkualitas.”

Kang Jimat berpesan agar pelayanan bidan tidak hanya dilakukan di derah perkotaan, namun harus memberikan pelayanan terbaik bagi warga yang ada di pelosok.
“Utamakan wilayah-wilayah yang di pelosok desa dan kecamatan, yang sekiranya belum tersentuh oleh pelayanan kebidanan. Kesehatan ibu dan anak dikabupaten subang jangan sampai ada yang terabaikan dan terbengkalai. IBI harus terus berkembang dan berinovasi tetap bersinergi, menjaga kekompakan guna bersama-sama melanjutkan pembangunan bangsa dan daerah yang semakin baik, dalam menunjang visi kabupaten subang yakni terwujudnya kabupaten subang yang bersih, maju, sejahtera dan berkarakter.”

Menutup sambutannya Kang Jimat bercerita bahwa kelahiran dirinya dulu dibantu oleh bidan sehingga peran bidan sangat besar bagi Kang Jimat dan memohon agar bidan di seluruh Kabupaten Subang untuk tidak Lelah dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.
“Saya menyempatkan hadir ke sini karena mengingat masa lalu saat saya lahir karena saya bisa selamat berkat bantuan bidan. Kalau saja tidak ada bidan, mungkin saya tidak bisa dilahirkan dengan selamat. Saya mohon untuk ibu-ibu jangan capek dalam rangka menolong ibu dan anak. Semoga penuh ketulusan dan keikhlasan. Insyaallah dengan keikhlasan capek itu akan hilang dan bisa menjadi ibadah untuk ibu semua.” Pungkas Kang Jimat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Pengurus Daerah IBI Jawa Barat, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Subang, Direktur RSUD Kelas 2B Subang, Ketua Pengurus Cabang IBI Kabupaten Subang, Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Ketua DWP Kabupaten Subang, Ketua GOW Kabupaten Subang, Organisasi Kesehatan Kabupaten Subang, dan tamu undangan lainnya.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Komisi III DPRD Subang Soroti Developer , Ini Dia Alasannya

Lingkarselatan.com, SUBANG-Komisi III DPRD Kabupaten Subang menyoroti persoalan masih banyaknya pengembang perumahan atau developer di Subang yang belum melakukan...

More Articles Like This