Pemkab Subang Raih Anugrah Kualitas Pengisian JPT Dengan Kategori ‘Baik’

0
139

Lingkarselatan.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menghadiri kegiatan Anugerah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Tahun 2021 sekaligus Launching Sijapti (Sistem Informasi Jabatan Pimpinan Tinggi) 4.0, bertempat di The Kasultanan Ballroom, Royal Ambarrukmo, Yogjakarta. Kamis, 6 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut digelar oleh Komite Aparatur Sipil Negara (KASN), dan dihadiri oleh Wakil Presiden Indonesia KH. Ma’ruh Amin, serta para kepala daerah Indonesia yang meraih penghargaan.

Gubernur Yogjakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para penerima penghargaan dan berharap dapat menjadi sebuah motivasi untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik.
“Semoga penghargaan ini bisa memacu motivasi dan kinerja pelayanan publik di tengah dinamika masyarakat yang bergerak semakin laju dan beragam.”

Selanjutnya, Ketua KASN Agus Pramusinto, mengatakan bahwa Anugerah Kualitas Pengisian JPT kali ini merupakan puncak dari hasil penilaian yang dilakukan sepanjang 2021. Instansi yang dinilai adalah instansi pemerintah yang memenuhi kelengkapan dokumen pengajuan mulai dari perencanaan hingga pelaporan pelaksanaan pengisian JPT dalam periode bulan Januari sampai dengan Desember tahun 2021.

Agus juga menjelaskan bahwa ada lima dimensi dalam penilaiannya, yakni: dimensi persiapan pengisian JPT, dimensi pelaksanaan pengisian JPT, dimensi pelaporan pengisian JPT, dimensi inovasi manajemen pengisian JPT, dan dimensi pelanggaran sistem merit dalam jabatan.

Selanjutnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan apresiasinya atas kegiatan yang diselenggarakan oleh KASN ini. Azwar Anas berharap pemberian penghargaan ini dapat menjadi pendorong terwujudnya birokrasi yang andal, lincah dan cepat melalui kerja-kerja kompak dan kolaboratif.

Menpan RB juga menyampaikan terdapat tiga fokus reformasi birokrasi yang langsung berdampak, yaitu:
1. Reformasi birokrasi untuk menangani kemiskinan.
2. Peningkatan pelayanan investasi dan pembangunan.
3. Administrasi pemerintahan.

Pemberian Anugerah Pengisian JPT Tahun 2021 merupakan bentuk apresiasi KASN kepada instansi pemerintah yang telah melaksanakan pengisian jabatan pimpinan tinggi baik melalui seleksi terbuka dan uji kompetensi dalam rangka mutasi, rotasi, yang dilaksanakan sepanjang tahun 2021.

Dari total 431 instansi pemerintah yang dinilai, penghargaan diberikan kepada 82 instansi yang mendapatkan penilaian kualitas pengisian JPT sangat baik dan baik, dengan rincian 14 instansi pemerintah mendapatkan kualitas sangat baik dan 68 instansi pemerintah mendapatkan kualitas baik.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa tren tantangan birokrasi ke depan tidak ringan, mengingat Indonesia selalu akan dihadapkan pada lingkungan strategis internasional, nasional, dan daerah yang berubah dengan dinamis. Pemanfaatan platform digital dalam pelayanan publik, termasuk pola kerja di birokrasi pun menjadi bukti tingginya dinamika yang terjadi. Oleh karena itu, Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai salah satu instansi yang terkait dalam penataan birokrasi, perlu meningkatkan perannya melalui tiga langkah strategis.

Wapres Ma’ruf Amin berpesan, terdapat 3 poin yang harus menjadi perhatian dalam proses reformasi birokrasi, yaitu:
1. Rumuskan ekosistem seleksi kepemimpinan ASN yang adaptif guna membangun pemimpin publik yang transformatif.
2. Sebagai negara yang penuh dengan keberagaman dan memiliki SDM ASN yang tersebar di seluruh Indonesia, KASN perlu mendesain strategi nasional yang terpadu untuk menciptakan dan memperkuat fungsi ASN sebagai perekat dan pemersatu dalam ikatan kebangsaan.
3. Perlunya penguatan peran KASN dalam pengawasan sistem merit di era demokrasi.

Pada kesempatan tersebut, Pemkab Subang yang diwakili Bupati Subang H. Ruhimat atau biasa disapa Kang Jimat, mendapatkan Anugrah Kualitas Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dengan Kategori Baik.

Turut mendampingi Kang Jimat, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang serta Kepala BKPSDM Kabupaten Subang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.