Peringati Hari Santri, Bupati Subang H.Ruhimat Mengjak Santri berkontribusi aktif untuk Bangsa dan Tanah Air

Berita Pilihan

Lingkarselatan.com, SUBANG– Dalam momentum Hari Santri tahun 2023 Bupati Subang H. Ruhimat mengajak santri berkontribusi aktif untuk bangsa dan tanah air.

Bupati menyebut peran serta santri sebagai pilar penjaga NKRI tidak perlu diragukan. Bahkan santri memiliki andil penting dalam sejarah bangsa dan perjalanan bangsa.

“Selain dalam merebut dan menjaga kedaulatan, ulama dan para santrinya juga ikut dalam menjaga peradaban bangsa, “kata pria yang akrab disapa Kang Jimat ini dalam sambutannya sebagai pembina upacara Peringatan Hari Santri di halaman Pemda Subang, Minggu (22/10/ 2023) pagi.

Menurutnya, peringatan Hari Santri Nasional merupakan pengingat bagi kita semua tentang perjuangan para santri terdahulu sekaligus pengingat bahwa cinta kepada tanah air merupakan sebagian dari iman.

Kang Jimat mengingatkan pemilihan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri juga tak lepas dari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia melawan penjajah Belanda yang ingin menguasai kembali Indonesia setelah Jepang menyerah kepada tentara Sekutu, yakni adanya resolusi jihad yang diserukan Rais Akbar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Asyari.

Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”.

“Ssantri adalah pilar penjaga NKRI. Keberadaan kita diakui oleh negara sehingga kita memiliki kewajiban untuk bisa menjaga amanah yang diberikan oleh negara,” lanjutnya.

Jihad yang dimaksud bukan seperti jihad pahlawan terdahulu, tetapi jihad yang dimaksud adalah santri sebagai agen perubahan berjuang memperbaiki moral dan intelektual bangsa demi perbaikan taraf hidup masyarakat.

“Jihad memperjuangkan moral dan intelektual. Kemiskinan, kebodohan, degradasi moral, dan kesenjangan ekonomi. Jihad disini mereka yang siap menghadapi gejolak jaman sekaligus mampu berkontribusi demi kemajuan kehodupan masyarakat, ” ujarnya.

“Selamat Hari Santri Nasional Tahun 2023. Semoga semangat jihad para santri tetap terjaga dan mampu menjadi inspirasi bagi kita semua,” pekik Kang Jimat penuh semangat.

Usai menyampaikan amanatnya Kang Jimat memberikan Penghargaan kepada beberapa santri berprestasi, kepada, Putri Ayuni dari Pondok Pesantren Raudatul Hasanah sebagai Juara 1 Nasional Silat Tunggal Putri Pospenas 2022 di Kota Solo.

Rijfani Dwi Wahyuni dari Pondok Pesantren Arraudoh Kasomalang sebagai Juara 2 Kahlak Putri MOJ 2023 Tingkat Provinsi Jawa Barat. Ponpes Al Istiqomah sebagai juara 1 Putri perkemahan nusantara tingkat jabar.

Acara ditutup dengan penampilan drama kolosal resolusi jihad oleh santri dari Pondok Pesantren Al Muktariyah dan siswa-siswa MTs/MA Terpadu Al Ikhlas Desa Caracas Kecamatan Kalijati.

Dalam drama kolosal tersebut Panglima Santri Kabupaten Subang ,yakni Kang Jimat, mengambil bagian dengan menjadi salah satu tokoh besar yaitu Kyai Abas Buntet Cirebon.

Turut mengikuti Upacara Hari Santri 2023 Forkopimda, Kepala OPD, para Camat, MUI, Baznas, Organisasi Islam Kabupaten Subang, dan peserta upacara yaitu santri dari berbagai Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Subang. (Adv)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Harkitnas: Pj Bupati Subang bersama Forkopimda Ziarah ke TMP Cidongkol

  Lingkarselatan.com, SUBANG- Momen Peringati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Pj Bupati Subang Imran ziarah kubur di taman makam Pahlawan Cidongkol...

More Articles Like This