Peringati HPSN, Tugu Seeng Cisalak Kembali Ditata dan Dipercantik Pohon Hanjuang

Berita Pilihan

Lingkarseletan.com, SUBANG– Tugu Seeng yang menjadi icon Subang di jalan raya Cisalak, kembali dipercantik dan ditata. Sebelum dipercantik, kondisi tugu terlihat tidak terawat dan kumuh.

Bahkan sempat viral di media sosial karena kondisi disekitar tugu tersebut ditumbuhi rumput liar dan tumpukan sampah, khirnya bersihkan setelah menjadi sasaran keritikan warga dan penguna jalan.

Dari pantauan Lingkarselatan.com, Senin (21/2/2022) semua komponen terlibat dalam kegiatan aksi bersih bersih peduli keebersihan lingkungan tersebut.

Terlihat, TNI, Polri, BPBD, Muspika, Pemdes, Pegiat Lingkungan warga Masyarakat dan pelajar, secara gotong royong langsung memungut sampah yang tercecer disekitar lokasi kegiatan.

Kepala Dinas Lingkungan (DLH) Subang, H.Hidayat mengatakan, ini merupakan Hari Peduli Sampah Nasional. Pihaknya mengajak warga masayarakat gotong royong membersihkan lingkungan.

“Subang harus lepas dari permasalahan sampah, Subang bersih. Kita sepakat Subang kudu bersih. Karena itu hari ini kita bergarak, secara gotong royong bersihkan lingkungan sekitar Tugu Seeng ini dari sampah dan rumput liar. Apa lagi Tugu Seeng ini, salah satu  icon Subang, yang harus kita pelihara dengan baik, terutama segi kebersihannya,” ujar H.Hidayat disela sela kegiatannya.

Menurut H.Hidayat, permasalahan sampah telah menjadi perbincangan di tengah masyarakat. Dirinya berharap ini merupakan masalah pertama dan terakhir di lingkungannya.

“Harapan saya ini adalah kejadian pertama dan kejadian terakhir masalah sampah yang ada di sini, dan kita cari titik pencegahannya agar tidak seperti ini lagi,” ungkapnya.

Lanjut H.Hidayat, kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) ini sebagai salah satu upaya pihak pemerintah dalam memberikan edukasi kepada generasi muda atau kaum milenial supaya mereka memiliki rasa cinta terhadap lingkungan dan menjaga kelestarian alam, ratusan siswa Sekolah Dasar turut andil dalam melakukan penanaman ribuan bibit pohon Hanjuang di kawasan hijau sekitar Tugu Seeng yang menjadi kebanggaan warga Tanjungsiang khususnya dan warga kabupaten Subang umumnya.

Dia juga menegaskan, bahwa gerakan penanaman hanjuang merah ini merupakan program yang digagas oleh Bupati Subang H.Ruhimat

“Gerakan penanaman ini, ide gagasan murni dari Pak Bupati. Beliau begitu peduli terhadap lingkungan. Pak Bupati ingin setiap ruang hijau , baik itu di jalur provinisi, jalur kabupaten, dan di desa desa, termasuk di halaman sekolah terlihat indah dan nyaman, termasuk di area Tugu Seeng ini,” ungkapnya.

Ditambahkan, Camat Cisalak Eza, aksi ini diharapkan bisa mengubah pola pikir masyarakat, agar bisa lebih peduli lagi terhadap lingkungan.”

“Saya sangat apresiasi gerakan yang diinisiasi oleh DLH Subang ini. Aksi ini merupakan salah satu bentuk penyadaran. Agar masyarakat tidak lagi membuang sampah di sembarang tempayt, apa lagi di pinggir jalan,” kata ,Eza. (Red).

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Sebuah Villa di Jalancagak Subang Ludes Terbakar ,Ayah dan Anak Alami Luka Bakar

Lingkarselatan.com, SUBANG- Bangunan villa di Subang, hangus terbakar, Jumat (19/4/2024) malam. Peristiwa terjadi di Dusun Tambakan, Desa Tambakan Kecamatan Jalancagak Komandan...

More Articles Like This