Ratusan Pelajar Ikuti Festival Alimpaido, Wabup : Permainan budak lembur harus terus lestari

Berita Pilihan

Lingkarselatan.com, SUBANG– Festival Alimpaido di lapang Bintang Subang. Selasa (30/5/23).Festival Alimpaido atau permainan tradisional digelar masih dalam rangka memeriahkan HUT Subang ke-75.

Pesertanya diikuti oleh ratusan anak-anak pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dari seluruh Korwil tiap kecamatan di Kabupaten Subang.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang Tatang Komara dengan digelarnya festival alimpaido ini untuk memperkenalkan sekaligus melestarikan permainan permainan tradisional orang lembur yang kini sudah mulai jarang dimainkan di kalangan anak anak.

“Dengan digelarnya festival alimpaido ini, setidaknya kita mengenalkan lagi sekaligus melestarikan permainan tradisional atau kaulinan buhun yang kerap dimainkan oleh anak anak jaman dulu, yang kini mingkin sudah jarang dimainkan oleh anak anak kita,” katanya

Sementara itu, Akur sapaan Agus Masykur Festival mengapresiasi dilaksanakannya kegiatan Festival Alimpaido yang sangat positif kembali dilestarikan di era zaman digitalisasi sekarang yang mana anak sekarang sering bermain sendiri tanpa berinteraksi secara langsung hanya menggerakkan jempolnya dilayar gadget.

“Dengan gadget anak tidak banyak bergerak sehingga banyak yang obesitas dan tidak sehat dengan pola hidup yang tidak sehat.”ujarnya.

Ia berharap festival Alimpaido akan terus rutin dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka melestarikan permainan tradisional budak lembur.

“Bahkan kedepannya harus lebih meriah lagi.”ucapnya

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekdisdikbud Subang H. Asep Saepudin, Ketua TP PKK Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Sopiah, Ketua DWP Subang Hj. Siti Nuraeni, jajaran pejabat Disdikbud Subang dan para tamu undangan lainnya. (red).

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Kompak, Antisipasi Melonjaknya Harga Pangan Berlebihan, Kapolsek bersama Camat Jalancagak Cek Ketersediaan Stok dan Harga Pangan

Lingkarselatan.com, SUBANG- Kompak, Kapolsek Jalancagak Kompol Bony Yuniar bersama Camat Jalancagak Aris Ristian melaksanakan "monitoring" pasar untuk mengecek ketersediaan...

More Articles Like This