Resmikan LABKESDA, Kang Jimat : Wujudkan Subang Sehat

0
325

Lingkarselatan.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat membuka & meresmikan Gedung UPTD Labratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Subang, di Jl. Kartawigenda. Senin, 31 Januari 2022.

Kadinkes Subang dr. Maxi dalam laporannya menyampaikan sebelum dibangunnya gedung baru tersebut, Labkesda selama puluhan tahun menginduk dan bersatu di Dinas Kesehatan. Anggaran pembangunan Labkesda berasal dari DAK 2021 dengan biaya sebesar 8,8 M dan akan dilengkapi alat dengan anggaran 1,3 M, yang menjadi salah satu Labkesda terbesar di Jawa Barat.

dr. Maxi juga mengatakan selain untuk labarotarium klinik yang sample nya merupakan manusia (cairan manusia), Labkesda Subang juga dapat dimanfaatkan untuk laboratorium kesehatan, yang samplenya adalah bumi (cairan bumi) sehingga kedepannya Labkesda mampu bekerja sama dalam pembangunan perusahaan/industri.

dr. Maxi juga meminta dukungan dari semua pihak, atas UPTD Labkesda yang akan bertransformasi menjadi BLUD (Badan Layanan Umum Daerah).
“Mudah mudahan akan bermanfaat luas untuk masyarakat” harapnya.

Sementara itu, Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kadinkes Subang beserta jajaran atas selesainya pembangunan Labkesda tersebut. Kang Jimat menyampaikan pelayanan laboratorium merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang diperlukan untuk menunjang upaya peningkatan kesehatan, pencegahan dan pengobatan serta pemulihan kesehatan.

Selain itu, Kang Jimat juga menyatakan Labkesda akan menjadi pusat rujukan laboratorium atau sebagai laboratorium cross check maupun laboratorium pembina bagi laboratorium puskesmas di Subang. Untuk itu, dirinya menegaskan Labkesda harus terus berupaya mengembangkan diri agar dapat menjadi sebuah laboratorium yang motivatif, inisiatif, kreatif dan inovatif, sehingga masyarakat akan lebih mendapatkan layanan pemeriksaan laboratorium yang lebih lengkap, bermutu dan terjangkau di daerah sendiri.

“Sesuai dengan visi-misi kami, menuju Kabupaten Subang yang bersih, maju, sejahtera dan berkarakter dengan meningkatkan kualitas layanan kesehatan masyarakat dan lingkungan hidup” ucapnya.

Kang Jimat juga mengatakan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dan pemulihan ekonomi nasional menjadi target utama Pemerintah Daerah, dan dengan adanya Labkesda tersebut menjadi amunisi baru bagi pemerintah.
“Semoga keberadaan Labkesda, akan mampu mempercepat kinerja pemeriksaan hingga mengoptimalkan sumber daya” harap Kang Jimat.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti serta pemotongan pita oleh Kang Jimat, didampingi oleh unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Kadinkes Subang serta Kepala UPTD Labkesda Subang, dilanjutkan dengan meninjau ke setiap ruangan gedung Labkesda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.