Respon Cepat, Personil TNI Kodim Subang Bersama Warga Bersihkan Material Longsor di Desa Mayang 

Berita Pilihan

Lingkarselatan.com, SUBANG– Sejumlah personil TNI dari Koramil 0505/Tanjungsiang Kodim 0605/Subang, bersama BPBD, Muspika, Tagana dan aparatur Desa Mayang serta warga melaksanakan kegiatan pembersihan pasca bencana longsor di Kp Cibago RT/RW 13/04 Desa Mayang Kec Cisalak-Subang. Senin (15/4/2024).

Longsor yang disebabkan oleh hujan lebat yang turun sore hari kemarin (Minggu, 14/4/2024) mengakibatkan tertutupnya jalan yang menghubungkan Kp. Mayang dengan Kp Cibago.

Komandan Kodim 0605/Subang Letkol Inf Bambang Raditya, M.Han., langsung memerintahkan Danramil 0505/Tanjungsiang untuk turun langsung ke lokasi kejadian tanah longsor, jalan yang menghubungkan Kp. Mayang dengan Kp Cibago tertutup total oleh tanah sehingga akses jalan untuk sementara di tutup.

Untuk mengatasi dampak bencana tersebut, warga beramai – ramai melaksanakan kerja bakti guna mengatasi timbunan tanah yang menutup jalan. Tidak ketinggalan pula anggota Koramil 0505/Tanjungsiang dan Tagana turut membantu dengan warga membersihkan timbunan tanah yang menutup jalan.

Komandan Kodim 0605/Subang Letkol Inf Bambang Raditya, M.Han., di wakili Danramil 0505/Tanjungsiang Kapten Inf Wahyudin mengungkapkan bahwa pembersihan material longsor dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab dan kepedulian terhadap Desa binaan yang mengalami musibah. Bersama-sama dengan warga, mereka berupaya membersihkan puing-puing material longsoran yang berada di jalan.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian TNI kepada masyarakat, terutama dalam membantu mengatasi dampak bencana di wilayah binaan. Hadirnya TNI di tengah-tengah masyarakat tidak hanya sebagai aparat pertahanan, tetapi juga sebagai mitra yang peduli dan siap membantu ketika masyarakat membutuhkan pertolongan,” ujar Danramil.

Pada saat melakukan pembersihan, Babinsa juga mengingatkan kepada warga untuk selalu meningkatkan kewaspadaan, mengingat musim penghujan dapat meningkatkan risiko terjadinya bencana, termasuk tanah longsor. Dengan melakukan gotong-royong, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi warga.

“Sebagai abdi negara, kita tidak boleh tinggal diam ketika masyarakat mengalami musibah.Kehadiran TNI di tengah-tengah masyarakat tidak hanya memberikan manfaat, tetapi juga menunjukkan bahwa TNI selalu siap membantu dan berbagi beban dalam keadaan suka maupun duka .”pungkasnya.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Komisi III DPRD Subang Soroti Developer , Ini Dia Alasannya

Lingkarselatan.com, SUBANG-Komisi III DPRD Kabupaten Subang menyoroti persoalan masih banyaknya pengembang perumahan atau developer di Subang yang belum melakukan...

More Articles Like This