Sosok Kang Jimat di mata Sahabat,Seorang Penyuluh KB di Desa Cibitung Bekasi Jadi Bupati Subang

0
267

Lingkarseletan.com, SUBANG- Mengenal lebih dekat kisah hidup Bupati Subang, H.Ruhimat dalam acara silaturahmi keluarga besar Cibitung Tempo Doeloe, bertempat di kediaman pribadinya, di Kampung Cimute, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang, Minggu,11/6/2022)

Pria yang akrab disapa Kang Jimat, tidak sungkan membagi kisahnya dalam acara yang dihadiri para pensiunan yang juga merupakan sahabat sahabat lama Kang Jimat semasa dirinya bertugas sebagai penyuluh Keluarga Berencana Desa di desa Cibitung, Bekasi.

“Temen temen semuanya pasti tau lah, siapa saya waktu di Cibitung. Saat itu saya menjabat kepala penyuluh KB (Kelurga Berencana), tapi keapla tingkat desa. Dimana saat itu, jam kerja saya harus keliling dari dusun ke dusun untuk timbang bayi, dan diluar jam kerja saya sebagai penyuluh saya nimbang besi rongsok di kawasan. Itulah secuil kisah Ruhimat dulu, bersama kelurga besar Cibitung Tempo Doeloe,” terangnya.

Sebelum bekerja menjadi Kepala Penyuluh KB di desa Cibitung, Ruhimat kecil bukanlah berasal dari keluarga berada meski bisa sekolah di luar negri.

“Karena kalo sekolah negri, sekolahnya kan pagi pagi. Maka saya pilih sekolah luar negri, karena sekolahnya siang. Nah pagi saya jualan koran, sianngnya saya baru sekolah. Alhamdulillah, sekerang saya bisa menjabat Ketua RT se- kabupaten Subang, ” ucap Kang Jimat.

Tentunya semua ini, lanjut Kang Jimat, tak lepas berkat doa dan dukungan temen temen semua meski awalnya katanya, ada diantaranya temen temen Cibitung yang gak percaya, kalu tukang tukang timbang bayi dan besi ini bisa menjabat Ketua RT se – kabupatan Subang. “Selamat datang di kampung halaman saya, namanya kampung Cimute, kecamatan Serangpanjang, Kabupatan Subang,” ungkapnya.

Kang Jimat pun memohon doa kepada keluarga besar Cibitung Tempo Doeloe untuk dirinya, agar dapat menjalankan tugas dengan baik dalam memimpin Kabupaten bernuluk Kota Kamas ini.

“Mohon doa dari kesepuhan yang ada, mudah mudahan saya bisa menjalankan tugas dengan amanah, harapan saya bisa mencukupi apa yang diinginkan rakyat subang.” ucap Kang Jimat

Semntara itu, Tokoh Cibitung Tempo Doeloe Engkong H.Ichsan Said yang juga seorang mantan Sekretaris Daerah Kota Bekasi menyampaikan rasa kagumnya kepada Kang Jimat yang saat ini telah menjadi Bupati Subang.

Ia juga menceritakan bahwa dirinya dulu mendengar kabar bahwa Kang Jimat akan menyalonkan diri menjadi Bupati. Dirinya sempat tidak percaya karena Kang Jimat yang sebelumnya hanya seorang Penyuluh KB, namun ternyata berhasil menjadi Bupati Subang.

“Awalnya saya gak percaya, maaf bukan maksud mau merendahkan seseorang, tapi itu kenyataan yang tak bisa dipungkiri, seorang penyuluh kelurga berencana ,meski dia katanya jadi kepala penyuluhan KB, tapi di tingkat desa. Sekarang Kang Haji Ruhimat bisa jadi Bupati. Ini kan luar biasa. Memang dimata saya,  sosok Kang Jimat ini patut dicontoh,  keuletannya, pekerja keras, gigih dan bijaksana dalam hal apapun. Itulah Kang Jimat dimata saya, dan sahabat sahabat lamanya, terlebih di keluarga Cibitung Tempo Doeloe,” terang H.Ichsan Said

Tak hanya itu, Engkong H. Ichsan juga mengagumi kegigihan Kang Jimat, dimana sebelumnya dirinya membandingkan APBD Subang dengan Bekasi yang berbeda 3 Kali lipat. Namun, meskipun dalam kekurangan serta adanya covid19, Kang Jimat tetap mampu membangun jalan di Subang.

“Dalam kondisi covid saja, dia bisa membangun jalan, bayangkan saja, membangun jalan lingkar cagak, lingkar kota, serangpanjang-cipendeuy, sekarang dia lagi menyusun perbatasan bekasi menuju Indramayu, beliau merupakan seorang visioner.” ujarnya

Selain itu, H. Ichsan juga menceritakan bahwa Kang Jimat merupakan sosok yang dekat dengan semua orang, baik dengan pimpinan maupun dengan rekan.

“Beliau bisa menempatkan diri, itulah mengapa teman teman mereka datang, karena kepribadian beliau itu dulu teman, sekarang saudara.” tutupnya. (Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.