Touring ke Pondok Bali: Pangdam III Siliwangi Tanam Mangrove dan Bagi Bansos

Berita Pilihan

Lingkarselatan.com, SUBANG – Dalam rangka Seal dan Touring Siliwangi untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam III/Siliwangi ke-76, Pangdam III Siliwangi tanam pohon Mangrove dan bagikan bansos, di Pondok Bali, Kabupaten Subang, Sabtu 11 Juni 2022.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo yang berkendara dengan sepeda motornya didampingi rombongan Pejabat Tinggi Kodam III/Siliwangi.

Di sana, Dandim 0605/ Subang Letkol Irsyad Wilryanto dan jajaran, serta Kapolres Subang AKBP Sumarni dan jajaran menyambut kedatangan Pangdam III/Siliwangi dengan berkendara bersama.

Seal dan Touring dilakukan untuk menyisir pesisir utara hingga Selatan Jawa Barat (Jabar) atau muter Jabar yang titik awalnya dimulai dari Kabupaten Cirebon dan finish di Ciamis.

Pangdam III Siliwangi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menelusuri permasalahan apa saja yang sedang dirasakan oleh masyarakat, khususnya di sekitar Pondok Bali.

“Kita mencoba untuk mencari solusi alternatifnya sesuai kesepakatan bersama, salah satunya penanaman pohon Mangrove” tuturnya di lokasi penanaman Mangrove.

Penanaman Mangrove, kata Pangdam III/ Siliwangi, merupakan bentuk upaya dari TNI untuk mengantisipasi terjadinya abrasi di Pondok Bali.

“Kita harus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan agar tidak merugikan diri kita sendiri,” ujarnya.

Kata Pangdam III/Siliwangi, edukasi pelestarian lingkungan itu juga harus dirangsang dengan nilai-nilai ekonomis sehingga masyarakat dan pemerintah mengerti akan pentingnya menjaga lingkungan.

“Di awal memang kita harus membuktikan dulu bahwa ada nilai atau potensi ekonomis di Pondok bali, sehingga edukasi tentang kelestarian ini bisa tersalurkan,” katanya.

Selain itu, lanjut Mayjen Kunto, kedatangannya ke Kabupaten Subang merupakan bentuk kegiatan internal dalam urusan pembinaan satuan Kodim 0605/Subang.

“Di sini kita berkoordinasi tentang sejauh mana permasalahan yang sudah diselesaikan dan yang belum, oleh karenanya saya mendatangi langsung orang-orang terdepan saya,” imbuhnya.

Menurutnya, kunjungan seperti ini sangat dibutuhkan untuk memonitor anggota satuannya selama bekerja sama dengan instansi pemerintah daerah dan kepolisian.

Dalam kunjungan tersebut, Mayjen Kunto mengucapkan apresiasinya terhadap antusias masyarakat yang telah menyambut kedatangan rombongannya.

“Bisa kita lihat, ada banyak stand di sana, mulai dari donor darah, vaksinasi dan pengobatan masal, kampanye kreatif, dan UMKM, ini bukti bahwa masyarakat sangat antusias,” pungkasnya.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Sukseskan Pilkada 2024, Sah! Sebanyak 150 Anggota PPK Dilantik KPU Subang, Abdul Muhyi : Jangan miring-miring lagi

Lingkarselatan.com, SUBANG-Sebanyak 150 orang Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang bertugas di 30 Kecamatan se-Kabupaten Subang di lantik KPU...

More Articles Like This