Wakil Bupati Subang mengikuti Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2021 secara Virtual

0
117

Lingkarselatan.com, SUBANG – Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi mengikuti Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2022 secara virtual di Ruang Kerja Wakil Bupati Subang. Kamis, (22 September 2022)

Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2022 kembali digelar Sebagai salah satu agenda strategis tahunan Direktorat Jenderal Perbendaharaan, dalam rangka terus mewujudkan akuntabilitas dan transparansi keuangan negara.

Dalam laporannya Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Dr. Hadiyanto, S.H, L.L.M. Rakernas Akuntansi tahun ini bertajuk “Mengawal Akuntabilitas Keuangan dan Kinerja untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Kegiatan ini akan lebih semarak dengan adanya kegiatan pra puncak Rakernas, antara lain perlombaan, Coaching Clinic, dan Webinar.

Dr. Hadiyanto, S.H, L.L.M. juga menyampaikan bahwa acara puncak dari rakernas ini ada dua yakni penyerahan penghargaan WTP tahun 2021 kepada Entitas K/L dan Pemda, dan Talkshow.

Agenda dilanjutkan pada penyerahan penghargaan opini WTP tahun 2021, oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani dengan tiga sesi penerima penghargaan. Adapun kategorisasi penghargaan Sesi I untuk penerima penghargaan opini WTP lima kali berturut-turut, Sesi II untuk penerima penghargaan opini WTP 10 kali berturut-turut dan Sesi III untuk penerima penghargaan WTP 15 kali berturut-turut.

Dilanjutkan penyampaian Keynote Speech oleh Menteri keuangan Indonesia Sri Mulyani, diawal penyampaiannya bahwa tata kelola keuangan negara tentu harus didasari secara akuntabel dan tidak berorientasi hanya pada hasil audit BPK

“kalau kita melihat perjalanan republik Indonesia didalam membangun tata kelola keuangan negara dan keuangan daerah secara akuntabel, transparan, bertanggung jawab dan tentu kita berharap bukan hanya sekedar dari sisi status hasil audit BPK WTP, namun yang sama dan sangat penting bagi mana Bagaimana APBN dan APBD bisa betul betul bermanfaat, instrumen negara dipusat dan daerah dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh bangsa dan negara Indonesia” ungkapnya

Sri Mulyani juga menambahkan bahwa pandemi covid menuntut kita untuk berinovasi dalam upaya pemulihan ekonomi secara berskinambungan karena APBN ataupun APBD menjadi prioritas utama dalam penyelesaian persoalan apapun “Dalam dua tahun terakhir kita memiliki apa yang disebut program khusus menghadapi penanganan covid dan pemulihan ekonomi. Dan kita harus mengakui tantangan yang tidak biasa, yang presedennya barangkali 100 tahun yg lalu dalam skala yang masif seperti ini, banyak sekali keuangan negara yaitu APBN dan APBD menjadi andalan utama untuk menangani persoalan tersebut” ungkapnya

Disamping itu Wakil Bupati Subang menyampaikan bahwa kedepan pengelolaan keuangan daerah kab. Subang harus terus di maksimalkan dalam menghadapi apapun bentuk tantangan yang akan Subang hadapi “kami berharap seluruh steakholder terus berkolaborasi demi mewujudkan tata kelola keuangan kab. Subang yang lebih baik” disampaikan Kang Akur

Agenda puncak Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2022 tidak hanya menyerahkan penyerahan penghargaan opini WTP tahun 2021 namun dilanjutkan dengan Talkshow dengan tema “mengawal Akuntabilitas Keuangan dan kinerja untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat”

Turut mendampingi pada agenda tersebut Bidang akuntansi BKAD Kab. Subang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.