Kerja Bakti bertajuk “Jaga Sungai Jaga Kehidupan”, Kodim 0605/Subang, Diparesiasi Warga Pamanukan

0
65

 

Lingkarselatan.com, SUBANG-Sungai Cigadung salah satu sungai yang melintas di Pamanukan Subang. Kondisi sungai ini terlihat cukup memprihatinkan dengan banyaknya tumpukan sampah dan sedimentasi atau pendangkalaan.

Tumpukan sampah dan sedimentasi, saat hujan deras sebagian warga yang bermukim di daerah aliran sungi (DAS) Cigadung kerap dilanda banjir luapan, karena sungainya meluap dan tidak bisa menampung volume air lagi.

Toto (48) warga Pamanukan menjelaskan bahwa debit air yang besar dari wilayah hulu menjadi salah satu penyebab utama. Selain itu, aliran sungai yang dipenuhi sampah dan alami pendangkalan menjadi penyebab terkadinya banjir di wilayah itu.

“Kalau hujan deras di wilayah atas atau hulu, air sungai ini biasanya melaup, karena sudah gak bisa menampung volume air lagi, terjadilah banjir. Nah, penyebab utamanya, selian sungai ini banyak sampahnya dan sudah dangkal, akibatnya, terjadilah banjir di mana mana karena sungainya sudah meluap tidak bisa menampung volume air lagi,” ungkap Toto disela kegitan aksi bersih bersih Sungai bersama Anggota TNI Kodim Subang, Senin (11/12/2023.

Bahkan titik yang dibersihkan oleh anggota TNI Kodim/0605 Subang dan warga, yaitu di Kelurahan Cigadung, terlihat sangat kotor oleh sampah.

“Kegiatan aksi bersih bersih sungai ini dimulai sekitar pukul 08.00 WIB. Sampahnya langsung dibuang ke TPA Jalupang, ” katanya

Dia juga memberikan apresiasi atas langkah positif yang dilakukan TNI dari Kodim 0605/ Subag untuk melakukan pembersihan sungai yang ada di desanya. Menurutnya, program semacam itu, agar berkelanjutan dalam upaya mengantisipasi terjadi banjir.

Komandan Kodim 0605/Subang Letkol Inf Bambang Raditya, M.Han, melalui Pasiter Kodim 0605/Subang Lettu Inf Andriana Belo menyatakan kerja bakti itu merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap kondisi Pamanukan.

Sungai, merupakan wilayah bersama yang harus senantiasa dijaga kebersihannya karena berkaitan dengan kehidupan manusia. Anggota TNI dari Kodim 0605 /Subang menggandeng Instansi terkait, stakeholder dan warga sekitar, Koramil 0509/Pamanukan melaksanlan karya bakti pembersihan Kali Cigadung dengan tajuk “Jaga Sungai Jaga Kehidupan”.

“Kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan di wilayah Koramil Pamanukan ataupun Kodim Subang saja. Namun juga dilaksanakan serentak di seluruh Kodim-Kodim yang ada di Indonesia sesuai arahan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Maruli Simanjuntak M.Sc,”ungkapnya.

Sementara itu Kapten Inf Saefi, Danramil 0509/Pamanukan menjelaskan, dalam kegiatan tersebut pihaknya mendapatkan bantuan alat berat yang dikirimkan oleh Komandan Kodim 0605/Subang serta dilaksanakan juga penanaman 100 pohon keras dan 400 tanaman hias yang di gelar di sepanjang bantaran kali Cigadung.

“Alhamdulillah, dalam kegiatan ini kami mendapat satu unit alat berat dari Pak Dandim (Komandan Kodim 0605/Subang) sehingga pembersihan bisa lebih efektif dan efisien,” ujarnya (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.