Jaga Ketahanan Pangan, Kolaborasi Dengan Petani Milenial, Polres Subang Tanam Bibit Cabai di Desa Palasari

Berita Pilihan

Lingkarselatan.com, SUBANG-Polres Subang berkolaborasi dengan petani milenial melakukan penanaman benih cabai di lahan pertanian terpadu yang berlokasi di desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang sebagai upaya menjaga ketahanan pangan.

Kapolres Subang AKBP Ariek Indra Sentanu mengatakan kegiatan penanaman benih cabai ini merupakan bentuk kolaborasi dengan petani milenial (Tono Firmansyah) dalam rangka mendukung kekuatan ketahanan pangan daerah dengan memanfaatkan potensi yang ada di wilayah itu.

“Ini bisa menjadi demplot atau demfarm tidak hanya dari sisi pertanian.Ini tentu menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi baru khususnya dalam menjaga ketahanan dan kedaulatan pangan,” kata Ariek, Kamis ( 23/11)

Selain itu, kegiatan ini merupakan wujud konkrit dari Polres Subang untuk mendukung program ketahanan pangan, sekaligus dalam rangka mengantisipasi lonjakan harga cabai, karena cabai merupakan salah satu kebutuhan pokok.

“Cabe rawit ini ditaman di lahan seluas 2 hektar, dengan total bibit cabai rawit sebanyak 33 ribu. Apalagi sebelumnya di tempat yang sama telah berhasil beberapa kali panen, termasuk tanaman talas, “katanya.

Dijelaskan Ariek, harga cabe saat sekarang cukup melonjak dan tidak menentu sehingga sangat tepat.

“InsyaAllah secara bertahap pada akhir Desember mendatang sudah bisa panen” ungkapnya

Selain itu, guna mendukung program ketahanan pangan nasional ini, setiap Polsek akan memanfaatkan lahan kosong untuk ditanam aneka tanaman

“Harapannya, kegiatan ini tidak hanya dalam bentuk satu Polres jadi satu tapi rekan rekan Kapolsek juga bisa lakukan kerjasama dengan masyarakat di sekitarnya, sehingga bisa menambah lahan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, “katanya

Jadi melalui kegiatan ini, kedepan tak ada lagi lahan kosong yang tidak produkitf lagi, mari kita manfaatkan untuk program ketahanan pangan

“Karena itu,dalam hal ini Polres Subang siap support masyarakat dan petani untuk memanfaatkan lahan kosong agar bisa ditanami tanaman pangan guna menjaga ketersediaan pangan nasional,” pungkas Ariek (red).

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Hot News

Jelang Idul Adha 1445 H, PT TKG Taekwang Indonesia Salurkan 17 Hewan Kurban untuk Masyarakat

Lingkarselatan.com, SUBANG-Sudah menjadi agenda rutin setiap tahunnya, PT. TKG Taekwang Indonesia kembali menyalurkan hewan kurban kepada masyarakat sekitar perusahaan...

More Articles Like This